Senin, 21 Mei 2018 21:03

BEGINI HUKUMNYA DALAM ISLAM JIKA KITA BERSELANCAR KETIKA BERPUASA

Tapi sebenarnya apakah iya berolahraga air dapat membatalkan puasamu?

Banyak pro dan kontra yang kami terima ketika kami membuat artikel SAHUR DENGAN ASUPAN YANG TEPAT AGAR TETAP KUAT BERSELANCAR yang dengan kata lain kami mengajak para pembaca untuk melakukan olahraga air seperti berselancar, berenang ataupun menyelam ketika berpuasa. Banyak yang kurang setuju karena sebenarnya olahraga air termasuk surfing tersebut dianggap dapat membatalkan puasa seseorang. Tapi sebenarnya apakah iya berolahraga air dapat membatalkan puasamu?

Ternyata berselancar, berenang dll selama puasa diperbolehkan. Kamu boleh surfing sesukamu, bahkan menyelam pun diperbolehkan pada saat puasa. Asal kamu bisa memastikan bahwa tidak ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuhmu. Termasuk masuknya air ke dalam mulut, hidung dan telinga yang dapat membatalkan puasa.

Jika olahraga tersebut dapat menambah semangat berpuasamu, maka menurut Islam, apa pun hal yang bisa menambah semangat untuk mentaati Allah sangat disarankan sebagaimana dalam ayat AlQuran, “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Tapi ingat ya guys, jangan sampai gara-gara surfing kamu jadi kelelahan dan gak jadi puasanya deh. Pokoknya jangan sampai kalah ya puasanya. Ingat, Berpuasa adalah kewajiban setiap muslim dan Allah perintahkan sebagaimana dalam QS Al Baqarah. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan asas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (Al-Baqarah : 183).

Selamat berpuasa and keep surfing :)

 

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top