Kamis, 17 Mei 2018 18:58

SAHUR DENGAN ASUPAN YANG TEPAT AGAR TETAP KUAT BERSELANCAR

Untuk kalian para surfer baik itu yang pro maupun yang sekedar hanya untuk hobi, tetap membutuhkan banyak energi agar bisa menjalani sesi selancar tanpa lesu.

Terlebih saat kita berpuasa, biasanya tenaga kita berkurang dan kita merasa lebih lemas sehingga surfing atau aktifitas lainnya yang kita jalani menjadi kurang maksimal. Dengan asupan yang baik saat sahur, kita akan memiliki amunisi energi yang tahan lama meskipun kamu melakukan surf dan beragam aktifitas. Perlu kamu tahu bahwa sahur amat penting untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh saat menunaikan ibadah puasa Ramadan. Sayangnya menu sahur sering kali diabaikan dengan alasan mengejar waktu sebelum imsak, mengantuk ataupun lelah.

Berikut ini adalah asupan Sahur yang wajib kamu konsumsi untuk menghindari lemas bahkan malnutrisi alias kurang gizi.

1. Karbohidrat

Karbohidrat wajib ada di menu sahur. Karbohidrat memberikan tenaga bagi tubuh dan membuat mood lebih baik. Roti gandum, Beras Merah, kentang rebus bisa menjadi pilihan untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat dalam tubuhmu.

 

2. Protein

Protein juga penting sebagai cadangan energi ketika kita berpuasa. Protein bisa kamu dapat dari ikan,daging dan ayam. Untuk menu sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Kekurangan konsumsi protein bisa membuat tubuh terasa lemas dan lesu sehingga ibadah puasa ramadan menjadi tidak maksimal dan aktifitasmu terbengkalai.

 

3. Buah dan Sayuran

Kelompok makanan nabati ini kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu sayur dan buah juga mengandung banyak air serta mineral yang menjaga agar tubuh tak kekurangan cairan.

 

4. Lemak

Yang kami maksud lemak bukan berarti lemak yang jahat ya, tetapi lemak yang sehat. Lemak sehat justru diperlukan untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur lebih optimal. Lemak juga memberi rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mendapatkan lemak sehat dari susu, kacang-kacangan atau minyak ikan. Bisa juga dengan yogurt.

 

5. Air putih

Air putih sangatlah penting untuk kelancaran ibadah puasa kita. Jika kamu minum cukup air ketika sahur, tubuhmu akan terhidrasi sepanjang hari dan kamu akan siap menjalani puasa dengan maksimal serta berbagai aktifitas termasuk berselancar.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top