Item terkait

Selasa, 14 Januari 2020 12:00

JANGAN TERLENA DENGAN ERA DIGITAL, WASPADAI BEBERAPA DAMPAK NEGATIFNYA!

Zaman kini bisa dikatakan sudah modern, dimana kita bisa melakukan apapun melalui internet.

Bisa dikatakan hampir seluruh manusia di bumi tak bisa terlepas dari teknologi yang bernama internet. Internet diciptakan memang untuk memberi kemudahan atas pekerjaan manusia. Akan tetapi tetap saja ada dampak negatif dan juga positif dari hasil buatan manusia ini.

Berikut adalah dampak negatif yang mengkhawatirkan dari Internet :

1. Konten dewasa

Tidak salah apabila internet dikaitkan dengan konten dewasa, baik yang berupa video, gambar, konten ataupun sebagainya. Dengan menggunakan media internet ini, memberi peluang setiap orang untuk mengunduh, melihat dan juga memperdagangkan pornografi. Serta  juga berbagai fantasi dan juga role playing yang dikhususkan untuk orang dewasa. Ini tentu cukup membahayakan, khususnya untuk anak-anak yang sebenarnya belum boleh mengakses konten dewasa tersebut.

 

2. Tersebarnya Hoax

Informasi palsu alias Hoax yakni berita yang tidak benar dan lebih kearah provokasi biasanya berseliweran di internet. Hal ini sangat mengerikan jika kita lihat masih banyak orang-orang yang begitu saja mudah percaya dengan berita palsu tersebut.

Sebetulnya sangat mudah untuk mendeteksi mana informasi palsu dan yang tidak. Hanya saja kebanyakan masyarakat jaman sekarang memang tidak mau memikirkan hal tersebut. Sehingga wajar jika banyak yang langsung percaya. Parahnya, informasi palsu tersebut juga disebarkan ke orang lain sehingga banyak yang dirugikan.

Dalam hal ini, benar-benar bisa dikatakan masih banyak manusia di bumi yang belum siap dengan adanya teknologi internet ini.

 

3. Menampilkan sisi kekejaman

Kompleksnya berbagai informasi yang ada di internet banyak situs menampilkan berbagai informasi, termasuk informasi yang mengarah kekejaman. Meskipun hanya untuk menaikkan pamor atau sebagainya, tentu saja informasi seperti ini tidak patut untuk diberitakan ke orang lain. Karena bisa membuat trauma dan dianggap tabu oleh sebagian orang.

 

4. Penipuan

Hal ini sudah tidak tabu lagi dalam dunia internet. Penipuan sering terjadi, dan tidak mustahil korban berjatuhan karena faktor belum siapnya kita pada era ini.

 

Satu yang kita semua tahu, hampir di seluruh negara tidak memiliki hukum yang jelas untuk penggunaan negatif pada internet. Bisa dikatakan, kita sendiripun masih bingung dalam menghadapi era teknologi internet ini. Seperti hal nya dalam penciptaan mobil pertama kali, manusia butuh bertahun-tahun bahkan puluhan tahun untuk membuat peraturan dan hukum tentang penggunaan mobil agar mobil tak disalahgunakan. Dalam Internet pun kini kita memerlukan banyak tahun yang entah sampai kapan, untuk memberikan hukum dan aturan yang jelas akan penggunaan internet sesungguhnya agar dampak negatif tak terserap oleh kita.

Maka dari itu, kita sudah tahu bahwa belum ada hukum yang jelas tentang internet, sebaiknya kita lebih "smart" dalam menggunakan internet.

  • EN: EN

Scroll To Top