Item terkait

Jumat, 11 Oktober 2019 15:14

10 TIPS MENJADI SURFER PEMULA AGAR TAK KENAL KAPOK

Surfing adalah olahraga yang unik dimana si pelaku dapat tertantang sekaligus ditenangkan oleh air laut.

Olahraga yang terkadang membahayakan tapi lebih banyak menyenangkan. Banyak yang mulai tertarik dengan surfing, tetapi banyak juga yang langsung menyerah setelah sekali mencoba surfing.

Perlu kalian ketahui bahwa surfing bukanlah olahraga yang bisa kalian kuasai dalam waktu satu hari. Butuh kegigihan, ketekunan dan juga kesabaran untuk bisa menguasai papan dan ombak. Satu yang pasti, setelah kalian mulai bisa berdiri diatas papan, disitulah kalian akan lebih tertantang untuk surfing lagi dan lagi, merasakan kenikmatan bersatu bersama lautan dan ketentraman dari hiruk pikuk kehidupan.

Sebelum kalian memulai surfing, sebaiknya perhatikan dan ikuti 10 tips berikut agar kalian tidak termasuk kedalam surfer yang mencoba satu kali langsung menyerah :)

 

1. Jangan Belajar Sendiri.

Jangkau dan dapatkan saran sebelum Anda memulai selancar, daftarkan diri Anda untuk pelajaran selancar untuk membuat Anda berada di jalur yang benar terlebih dahulu.

2. Gunakan Papan Seluncur Besar
Papan besar juga keren! Ini adalah salah satu tips berselancar pemula terbaik yang bisa Anda pilih untuk diikuti. Banyak orang tergoda untuk melompat di papan yang lebih kecil, lebih pendek secepat mungkin. Papan yang lebih besar akan membantu Anda mengembangkan keterampilan berselancar yang lebih baik dan Anda akan mendapatkan lebih banyak gelombang (dan bersenang-senang) di tahap awal.

3. Berselancar di ombak yang tepat
Nongkrong di depan tidak apa-apa. Belajar di area yang tepat di pantai adalah penting bagi peselancar pemula. Belajarlah berselancar di beberapa ombak putih yang lebih kecil untuk memulai sebelum Anda mencoba yang lebih besar.

4. Pemanasan dahulu

Ketika Anda telah tiba di pantai jangan terburu-buru di dalam air dulu. Habiskan waktu di pantai dan lakukan peregangan. Periksa tali pengikat, papan Anda, dan langkah terpenting luangkan waktu sejenak untuk menyaksikan ombak. Setiap hari berbeda di atas air, jadi luangkan waktu untuk melihat apa yang terjadi hari itu. Awasi terus para peselancar lain dan lihat apa yang mereka lakukan.

5. Hormati orang lain dan tetap aman
Ini berarti menjaga jarak Anda dari peselancar lain yang berpengalaman atau pemula lainnya. Sebagai pemula, Anda cenderung melakukan beberapa kesalahan, dan Anda tentunya juga ingin menghindari kesalahan orang lain. Keselamatan orang lain sama pentingnya dengan keselamatan Anda sendiri setiap kali Anda berada di air.
 
6. Pelajari Duduk Nyaman di atas papan
Ini mungkin terdengar sedikit aneh tapi duduk di papan selancar bukanlah yang termudah, juga bukan hal yang paling nyaman di dunia. Bersenang-senang melayang-layang dan merasakan papan Anda.
 
7. Paddle, Paddle, Paddle!

Mendayung alias paddle adalah keterampilan yang harus Anda lakukan sampai Anda melakukannya dengan benar. Apakah Anda mengayuh gelombang atau kembali keluar Anda akan membutuhkan dayung yang kuat. Kunci dayung yang baik adalah menemukan ritme dan mempertahankannya. Ini bisa sangat melelahkan beberapa kali.

8. Biasakan dengan wipeout

Ada satu hal yang tak disukai dalam selancar adalah wipeout alias tersapu ombak. Anda akan jatuh, dan jatuh, dan jatuh ... dan kemudian Anda akan jatuh lagi. Yang penting jangan sampai masalah karena setiap kali jatuh Anda belajar sesuatu yang baru. Yang perlu Anda ingat adalah bagian yang terbaik dari permainan.

9. Tekuk Lutut itu

Saat Anda naik dan melepaskan ombak, sangat penting bagi Anda untuk menekuk lutut dan bukan punggung Anda. Saat Anda membungkuk dari punggung, Anda akan kehilangan keseimbangan dan memiliki sedikit kendali. Tekuk lutut Anda dan Anda akan terlihat lebih baik juga!

10. Bersenang-senanglah

Tidak peduli apa yang Anda lakukan dan di mana Anda berada, jika Anda tidak merasakan kesenangan, atau tidak sepadan di awal kalian surfing. Ingat “Surfer terbaik di luar sana merasakan hal paling menyenangkan dalam hidupnya pada surfing.

 

  • EN: EN
Scroll To Top