Item terkait

Minggu, 18 Agustus 2019 14:09

MAKAN BUAH CAMPUR SUSU TIDAK AMAN BAGI KESEHATAN

Inilah penjelasan mengapa tidak boleh memakan buah dicampur dengan susu..

Di Indonesia budaya makan buah dicampur dengan susu sepertinya sudah resep turun-temurun dimana hampir semua orang Indonesia mengkonsumsinya. Seperti sop buah, jus-jus buah dan banyak lainnya penganan buah yang dicampur dengan susu.

Tapi tahukah kamu bahwa mengkonsumsi buah dengan susu itu tidak baik bagi kesehatan? Para ahli kesehatan mengatakan bahwa buah sebaiknya dimakan secara utuh tanpa tambahan apapun.

Berikut ini penjelasan mengapa mulai sekarang sebaiknya hindari konsumsi buah dan susu secara bersamaan.

Ada buah yang rasanya manis, asam, bahkan ada juga yang pahit. Rasa pada buah itu tergantung dari kandungan yang ada di dalamnya. Namun biasanya, buah itu memiliki kandungan asam yang cukup tinggi.

Buah dengan rasa apapun baik itu manis, pahit, asam itu mengandung asam. Saat masuk ke perut, asam ini bisa menghasilkan panas di dalam sistem pencernaan.

Lalu Susu dikenal sebagai minuman yang mengandung protein yang sangat tinggi. Protein ini bisa menghasilkan efek pendinginan di dalam sistem pencernaaan. Nah, kalau susu dan buah dicerna di dalam perut, asam yang panas dan protein yang dingin akan bertemu.

Hal itu akan menyebabkan usus kita jadi tidak seimbang sehingga bisa muncul alergi. Selain itu, asam yang ada pada buah bisa mengikat protein di dalam susu. Akibatnya, bakteri di dalam usus malah semakin bertambah banyak.

Namun kembali balik lagi ke pencernaan dari kita masing-masing. Ada yang memiliki sistem pencernaan yang kuat dan ada juga yang lemah. Jika kita sering mengkonsumsi buah dan susu secara bersamaan dan tidak merasa terjadi apa-apa pada tubuh kita, mungkin hal itu bisa dilanjutkan. Namun jika kalian merasa eneg, perut kembung, sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut demi kesehatan sistem pencernaan kalian.

 

  • EN: EN
Scroll To Top