Rabu, 14 Agustus 2019 01:59

TAHUKAH KAMU BERAPA JUMLAH TULANG YANG KITA MILIKI?

Tubuh manusia dewasa mengandung 206 tulang.

Untuk memudahkan referensi, ahli anatomi memisahkan ini menjadi dua divisi: kerangka aksial, yang berisi tulang di sepanjang sumbu panjang tubuh (yaitu, kepala dan dada) dan kerangka appendicular, yang mencakup tulang pelengkap. 172 dari 206 tulang manusia adalah bagian dari sepasang, termasuk semua 126 tulang kerangka appendicular dan 46 dari 80 tulang di kerangka aksial. 34 tulang tidak berpasangan termasuk enam tulang tengkorak, 26 tulang belakang, dada dan hyoid di bawah dagu.

Meskipun jarang diperlukan untuk mengingat semua 206 tulang tubuh dengan nama, Anda mungkin diminta untuk mempelajari semua tulang dalam suatu kelompok, seperti tulang-tulang ekstremitas bawah atau panggul, dan bagaimana mereka saling berhubungan dalam ruang fisik.

 

Dasar-dasar Tulang di Tubuh

Tulang adalah komponen utama dari sistem kerangka, yang juga termasuk tulang rawan, ligamen, tendon, dan sendi. Sistem kerangka mendukung dan melindungi organ-organ tubuh, memungkinkan gerak dengan memberikan titik perlekatan dan jangkar untuk otot, mensintesis sel-sel darah dan berfungsi sebagai gudang penyimpanan untuk mineral dan lemak.
 
Tulang berfungsi sebagai perancah untuk memberi bentuk dan struktur, memainkan peran dasar yang sama seperti balok pada bangunan, adalah fungsi yang paling jelas yang mereka layani. Juga cukup jelas bahwa mereka sangat protektif. Orang-orang biasanya belajar di usia muda bahwa otak, jantung, paru-paru dan sumsum tulang belakang mereka mutlak diperlukan untuk bertahan hidup; tidak mengherankan bahwa organ-organ ini menikmati tingkat pelindung tulang yang tebal dan rumit.

Pekerjaan lain yang dilakukan tulang kurang dikenal oleh orang awam daripada peran struktural dan perlindungan. Tulang mengandung zat kekuningan yang disebut sumsum, dan di sinilah sel darah - sel darah merah, sel darah putih dan trombosit - dibuat. Sel-sel lemak di sumsum dapat dilepaskan ke dalam aliran darah untuk digunakan di tempat lain, seperti halnya beberapa mineral (kebanyakan kalsium dan fosfor) disimpan dalam matriks keras jaringan tulang itu sendiri.
Image result for jumlah tulang dalam tubuh manusia
 
Komponen Kerangka

Seperti yang disebutkan, kerangka dewasa mencakup total 206 tulang, 80 di antaranya dalam kerangka aksial dan 126 di kerangka appendicular. Tangan dan kaki saja termasuk 106 dari 126 tulang appendicular, membuktikan permintaan evolusi untuk gerak dan pengendalian gerakan anggota badan.

Kerangka aksial termasuk tulang kepala, leher, dada dan punggung. Tengkorak itu mengandung 28 tulang, 22 di antaranya adalah anggota pasangan yang dipasangkan dan enam di antaranya tidak berpasangan. Seperti yang mungkin Anda kumpulkan dari mengetahui bahwa tubuh secara umum simetris, enam tulang tengkorak yang tidak berpasangan membentang di garis tengah tubuh, memanjang secara merata ke kedua sisi tubuh (contohnya adalah rahang bawah).

Kolom vertebral terdiri dari 26 tulang, 24 di antaranya adalah tulang belakang asli (dari atas ke bawah: tujuh serviks, 12 toraks dan lima lumbar) dan dua sisanya adalah sakrum dan tulang ekor (tulang ekor). Tugas utama kolom tulang belakang adalah untuk melindungi sumsum tulang belakang. Manusia juga memiliki 12 pasang tulang rusuk, yang menjaga organ vital toraks. Tulang dada (tulang dada) berfungsi sebagai titik perlekatan tulang rusuk di depan dan juga pelindung, sementara tulang hyoid "mengapung" di depan batang tenggorokan di bawah mandibula, bergabung hanya dengan jaringan ikat daripada tulang lainnya.

Lebih dari 80 persen tulang kerangka appendicular ada di tangan (masing-masing 27 tulang) dan kaki (masing-masing 26 tulang). Setiap tangan dan kaki masing-masing terdiri dari lima tulang pendek, yang disebut metacarpals di tangan dan metatarsal di kaki, yang terhubung ke 14 falang yang membentuk jari tangan atau kaki (dua di setiap ibu jari tangan dan kaki, dan masing-masing tiga di empat sisanya). Tangan termasuk delapan tulang pergelangan tangan dan kaki memiliki tujuh tulang pergelangan kaki (tarsal).

Tubuh bagian atas berisi lima tulang berpasangan di bahu dan lengan. Dari garis tengah ke luar, ini adalah skapula (tulang belikat), klavikula (tulang selangka), humerus (lengan atas), dan ulna dan jari-jari (lengan bawah). Tubuh bagian bawah juga mengandung lima tulang berpasangan di panggul dan kaki, termasuk pinggul (pada gilirannya terdiri dari ilium yang menyatu, iskium dan pubis), tulang paha (tulang paha), patela (penutup lutut), dan tibia dan fibula (tulang kering) ).
 
 
 
 
 
 
Diadaptasi dari : sciencing.com

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top