Kamis, 06 Jun 2019 18:27

LIBURAN IDUL FITRI!! SELALU JAGA KEBERSIHAN KETIKA SEDANG BERWISATA

Ingat!!! Selalu buang sampah pada tempatnya dan Jagalah kebersihan daerah yang kalian kunjungi. Selamat Berlibur!!

Umat islam di seluruh dunia tengah merayakan hari kemenangan yakni Idul Fitri. Tak terkecuali di Indonesia yang mayoritas beragama muslim. Di Indonesia, Idul Fitri diidentikan dengan liburan lebaran yang diisi dengan kegiatan mudik, berekreasi mengunjungi tempat-tempat wisata seperti pantai, pegunungan, tempat pemandian air panas, kebun binatang maupun tempat rekreasi lainnya. Hampir di setiap instansi pemerintah dan beberapa instansi maupun perusahaan swasta memberikan libur yang cukup panjang yang tak hanya untuk para karyawan yang beragama muslim, tetapi juga kepada yang non muslim. Momen liburan serempak ini biasanya digunakan mereka-mereka untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat.

Nah, di musim-musim liburan ini, ada hal yang harusnya di khawatirkan yaitu "SAMPAH". Bukan tidak mungkin di setiap tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan pada liburan lebaran berakhir dengan tragis. Sampah kerap berserakan dimana-mana.

Di momen liburan lebaran tahun lalu contohnya, kami sempat bertandang ke salah satu pantai di daerah Banten. Disana kami tercengang melihat lautan manusia memenuhi pantai dan mereka tampak begitu akrab dengan sampah-sampah yang berserakan hampir di setiap sudut hamparan pasir.

Kejadian serupa juga terjadi di pantai Cimaja, Jawa Barat. Menurut kesaksian Dede Suryana salah satu surfer terbaik Indonesia asal Cimaja mengatakan bahwa hampir di setiap libur lebaran, sepanjang pantai Cimaja dikunjungi wisatawan dan diberikan kenang-kenangan oleh para wisatawan tak bertanggung jawab alias sampah yang berserakan dimana-mana. Alhasil hampir setiap paska libur lebaran, para surfer dan warga lokal harus ketiban pulung alias harus melakukan beach clean up sampah-sampah yang wisatawan tinggalkan sembarang tempat.

Ingat!!! Selalu buang sampah pada tempatnya dan Jagalah kebersihan daerah yang kalian kunjungi. Selamat Berlibur!!

 

 

 

Kami segenap tim Pemburu Ombak mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top