Item terkait

Jumat, 31 Mei 2019 21:30

TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN DARI PEMBURU OMBAK

Sebentar lagi seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Di Indonesia di hari raya besar yang satu ini di identikan dengan "pulang kampung". Pulang kampung sendiri biasanya tak hanya dilakukan umat muslim, tetapi juga masyarakat Indonesia yang non muslim. Libur serentak dijadikan momen yang tepat untuk berkumpul, mengunjungi sanak keluarga di kampung tercinta.

Berbicara soal mudik alias "pulang kampung", kami akan bagikan tips dari POLRI untuk sobat Pemburu Ombak yang tentunya akan berguna untuk bekal pulang kampung kalian.

1. Infokan kepada tetangga atau petugas keamanan

Hal ini sangat penting sebelum kamu mudik. Infokan dahulu kepada tetangga atau petugas keamanan setempat bahwa kalian akan pulang kampung. ini berguna untuk mereka bisa memantau rumah kalian yang kosong selama ditunggal mudik.

 

2. Nyalakan lampu depan rumah.

Jangan tinggalkan rumah dalam keadaan lampu mati semua. Beri sedikit penerangan agar tetangga atau petugas keamanan bisa memantau rumah kalian dan tidak mengundang penjahat masuk ke dalam rumah yang sedang kosong.

 

3. Cabut selang selang gas

Patikan kalian sudah mencabut selang gas elpiji kalian sebelum meninggalkan rumah.

 

4. Cek Kendaraan

Cek seluruh mesin kendaraan. Jika perlu bawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih dalam.

 

5. Periksa ban kendaraan

Periksa semua ban apakah layak untuk digunakan dalam kilometer yang begitu jauh. Kalau dirasa kurang memadai, ada baiknya ban digati dengan yang baru.

 

6. Jangan bawa barang berlebihan.

Bawalah barang sesuai kapasitas kendaraan kalian. Jangan bawa barang berlebihan yang bisa membahayakan diri kalian atau pengendara lain.

 

7. Jaga kesehatan

Siapkan tubuh dan pikiranmu agar fit sebelum mudik. bawalah paket P3K untuk berjaga-jaga.

 

8. Jika naik kendaraan umum, jangan bawa barang-barang yang mencolok.

 

  • EN: EN
Scroll To Top