Item terkait

Kamis, 14 Jun 2018 17:40

JANGAN LEBAY KONSUMSI MAKANAN LEBARAN YA GUYS! BISA BAHAYA LOH!!

Gawatnya kebanyakan dari makanan-makanan lebaran tersebut mengandung sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan kita.

Ketika lebaran apapu tersaji di meja. Mulai dari makanan berat hingga yang ringan tersedia. Gawatnya kebanyakan dari makanan-makanan lebaran tersebut mengandung sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan kita.  Tentunya kita jangan sampai kalap dan harus tetap memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Jangan sampai setelah lebaran kita malah terserang penyakit yang tidak kita inginkan.

Adapun beberapa makanan lebaran yang patut kalian waspadai. makan sewajarnya boleh, asal jangan berlebihan ya :)

 

1. Opor Ayam dan Rendang Daging

Makanan Lebaran identik dengan opor ayam dan rendang daging karena memiliki rasa yang istimewa dan terkenal akan kelezatannya. Tapi makanan ini harus kalian waspadai karena menggunakan bahan utama santan, yang dapat memicu kolesterol dalam tubuh meningkat. Sebaiknya makanlah opor dan rendang tidak secara berlebihan agar kolesterol dalam tubuhmu tidak meningkat. Pilihlah salah satu, jika Kamu makan rendang daging, maka baiknya Kamu tidak mengambil opor ayam ke dalam piringmu.

 

2. Gulai dan Sate Kambing

Makanan Lebaran kedua yang harus diwaspadai adalah gulai dan sate kambing. Sama halnya dengan makanan Lebaran pertama yaitu opor, makanan ini juga mengandung santan dalam mengolahnya yang sudah pasti mengandung kolestrol tinggi. Lalu sate kambing juga diketahui dapat memicu hipertensi dan dyslipidemia serta dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke bagi penderitanya.

 

3. Es Sirup dan Soda

Minuman menyegarkan ini memang paling enak ketika diminum bersama dengan makanan Lebaran yang telah disajikan, terlebih lagi disajikan dengan es batu yang dingin. Walaupun enak, ingatlah bahwasanya rasa manis dari sirup bisa mengakibatkan efek yang buruk pada tubuh.
Glukosa atau gula yang tinggi berpotensi penyakit diabetes melitus dan obesitas. Sedangkan minuman soda dapat membahayakan kesehatan lambung dan tulang. Jadi, batasi konsumsi dua minuman ini ya.

 

4. Kue Kering

Sama halnya dengan opor ayam, kue kering juga menjadi salah satu makanan Lebaran utama yang akan hadir. Tak lengkap rasanya bila kue kering tidak hadir di meja saat Lebaran. Sayangnya kue kering dengan rasa manis dan gurih ini memiliki kandungan kalori yang tinggi.

 

Yang terpenting adalah, makanlah dengan wajar. Jangan mentang-mentang karena makanan-makanan diatas jarang tersedia di hari-hari kamu lalu menjadi alasan kamu kalap untuk memakannya sebanyak mungkin. Ingat bahwa kesehatan adalah nomor 1.

Selamat Lebaran ya guys :)

  • EN: EN
Scroll To Top