Item terkait

Rabu, 20 Februari 2019 04:13

SI MERAH MANIS DAN PENUH NUTRISI. PASTIKAN BUAH SEMANGKA SELALU ADA DALAM DIETMU

Buah ini berwarna cantik, manis, menggoda dan menyegarkan.

Dibalik manisnya dan kesegaran yang terasa ketika anda memakannya, buah ini memiliki begirtu banyak manfaat untuk tubuh kita. Mengandung cukup banyak mineral seperti magnesium dan kalium, karbohidrat, vitamin termasuk vitamin C dan A, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Sudah terbayang dong dari apa yang dikandung buah semangka, hal baik apa yang bisa dilakukan buah ini untuk tubuh kita?

 

Mengatasi sembelit

Sembelit atau susah buang air besar bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, seperti pola makan rendah serat, atau kebiasaan mengonsumsi produk olahan susu, misalnya keju. Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dapat membantu kelancaran proses pencernaan dan meredakan sembelit. Buah yang tinggi kandungan air, seperti semangka juga baik untuk mencegah dan membantu mengatasi kondisi ini. Nah kan gak seru dong kalau sesi surfing kita dihiasi dengan perut penuh lantaran BAB yang tidak lancar.

 

Meredakan gejala radang sendi

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah memiliki dampak baik dalam mengurangi gejala radang sendi (arthritis) serta mengurangi peradangan yang dapat merusak sendi dan tulang lebih lanjut. Selain kaya akan air, semangka juga mengandung vitamin C,  vitamin B6, antioksidan, betakaroten, selenium, dan zinc yang dapat membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. 1 gelas jus semangka paska sesi surfing mu bakal melegakan otot-ototmu yang kaku.

 

Menyehatkan jantung dan tulang

Manfaat semangka yang pertama adalah menyehatkan jantung dan tulang. Selain tomat, semangka telah menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus kesehatan tulang, seperti dilansir Whfoods. Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan likopen yang sangat tinggi. Kalian tahu kan kalau tulang yang kuat sangat dibutuhkan oleh seorang surfer?

 

Mencegah dehidrasi

Seperti kita tahu bahwa semangka bisa dibilang sebagai buah yang bervolume air. Maka dari itulah khasiat buah semangka memang jitu mencegah dehidrasi bagi tubuh kita. Selain rasanya yang tentunya lebih enak daripada air putih biasa, semangka bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menhidrasikan tubuhmu dengan baik untuk menyeimbangkan harimu yang aktif.

 

Mengatur tekanan darah

The American Journal of Hypertension telah menerbitkan sebuah studi yang menyatakan bahwa manfaat semangka dalam bentuk ekstrak dapat menurunkan tekanan darah pada orang gemuk yang menderita hipertensi. Selain itu, jumlah kalium dan magnesium yang ada di semangka sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Kalium dianggap sebagai vasodilator, yang berarti melepaskan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga merangsang aliran darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Karotenoid hadir dalam buah-buahan ini juga mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, sehingga membantu mengurangi tekanan darah dan kemungkinan pembekuan darah, stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

 

Mengontrol diabetes

Saat Anda mengonsumsi semangka, ginjal mengubah satu asam amino, L-citrulline, menjadi asam amino lain, L-arginine. Dua asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak sedikit digunakan mengontrol diabetes.

Studi menunjukkan bahwa manfaat buah semangka dapat mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kadungan suplementasi L-arginine. Meskipun Anda mungkin tidak bisa mendapatkan sebanyak asam amino dari semangka seperti yang ada pada suplemen, perlu dicatat bahwa makanan yang mengandung senyawa ini dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari diet yang dirancang untuk melawan diabetes.

  • EN: EN
Scroll To Top