KIAT-KIAT AGAR AMAN BERADA DI AIR KETIKA SURFING Pict by : streamer.co.il

Item terkait

Sabtu, 15 September 2018 06:11

KIAT-KIAT AGAR AMAN BERADA DI AIR KETIKA SURFING

Siapapun kamu baik itu peselancar berpengalaman maupun pemula atau belum pernah berselancar dan ingin mencoba surfing,

...ada baiknya perhatikan info berikut tentang cara aman berada di dalam air. Karena ini adalah salah satu hal utama yang harus klian perhatikan ketika akan berselancar.

Berikut ini kiat-kiat aman berada di air saat berselancar.

1. Kenali pantai

Tanyakan pada dirimu pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah pantai dijaga dengan aman? Apakah ada bahaya seperti karang, ombak terlalu besar, ataupun lainnya? Mengetahui hal hal tadi dapat membantu Kamu menentukan tempat berselancar yang sesuai dengan kemampuanmu.

 

2. Periksa pasang surut (tides) sebelum berselancar.

Mengetahui kondisi pasang sebelum berselancar adalah hal yang sangat penting. Jika Kamu tahu ombak di pantai setempat dapat menjadi sangat surut pada saat air surut, atau ada tebing curam pada saat air pasang, Kamu dapat menghindari waktu-waktu ini. Tanya orang sekitar pantai atau periksalah situs web peramalan surfing untuk mengetahui air sedang pasang atau surut.

 

3. Ketahui kemampuanmu

Jika ombak terlalu besar untuk Kamu, jangan nekat masuk. Jika Kamu merasa dirimu dalam bahaya, carilah pantai dengan ombak yang lebih kecil. Lebih baik aman daripada menyesal.

 

4. Berselancarlah dengan teman

Jika Kamu bukan peselancar yang percaya diri, lebih baik berselancar bersama teman daripada dengan diri sendiri, terutama jika pantai tersebut sepi dan tak ada penjagaan dengan baik. Dengan cara ini jika kamu suatu saat mengalami kesulitan, Kamu memiliki seseorang yang dapat membantu kamu untuk mencari bantuan.

 

5. Jika line up ramai, WASPADALAH!

Jika kamu memutuskan untuk berselancar ditempat yang ramai, maka kamu haru menyiapkan mentalmu untuk waspada dari serangan tiba-tiba oleh surfer lain. Bukan sedikit kejadian hantaman yang berakibat cedera ringan dan parah di kerumunan surfer di air. Jika kamu merasa surfing kamu kurang baik, atau merasa kamu masih pemula, janganlah memutuskan untuk berselancar di line up yang ramai. Karena mungkin saja kamu kehilangan atas papan mu dan tanpa sengaja melukai surfer lain.

 

6. Tetap terhidrasi.

Sangat penting untuk minum banyak air di antara sela surfing untuk tetap terhidrasi, terutama pada hari-hari yang sangat panas.

7. Kenakan krim anti matahari (sun block)

Meskipun berawan, Kamu bisa terkena sinar matahari, terutama saat Kamu berada di laut. Taburkan sun block  di wajahmu dan seluruh kulit yang terkena paparan sinar matahari untuk mencegah pembakaran dan selalu oles kembali sebelum dan sesudah surfing, apa pun cuacanya. 

  • EN: EN
Scroll To Top