Selasa, 17 Juli 2018 18:56

HATI HATI USIA MUDA JUGA BISA TERSERANG KOLESTROL

Orang selama ini beranggapan bahwa kolestrol hanya menyerang orang tua. Namun jangan salah, kolestrol juga dapat menyerang usia muda/produktif.

Tingginya kolestrol dapat membahayakan hidup kita karena merupakan oenyebab utama dari penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu menjaga kestabilan kolestrol sangatlah harus dilakukan salah satunya dengan cara mengatur pola makan.

Namun apa yang harus dilakukan ketika kamu telah didiagnosis memiliki kolestrol tinggi?

Gaya hidup tidak sehat seperti makan makanan tinggi lemak, jarang berolahraga, hingga memiliki kebiasaan merokok menjadi faktor kuat penyebab tingginya kolesterol di usia muda. Padahal, jika dibiarkan hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan kita secara keseluruhan. ketika tahu kita memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya kita mulai untuk melakukan perubahan pola hidup dan diet. Berbagai perubahan pola hidup yaitu olahraga teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal, makan makanan sehat, menghindari makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi, dan yang tak kalah penting membatasi makanan siap saji atau instan.

Untuk dapat mengatasi kolesterol tinggi, kita juga dapat melakukan diet rendah lemak jenuh dan rendah lemak trans. Selain itu, kita sebaiknya menghindari semua jenis makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Tak hanya itu, dianjurkan juga untuk menghindari penggunaan minyak, gula, dan garam berlebih. Ini karena selain kolesterol, asupan minyak, gula, dan garam yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan dampak kesehatan lain. Misalnya obesitas, penyakit jantung, diabetes, ginjal, darah tinggi, dan serangkaian penyakit berbahaya lainnya.

 

1. Berikut ini adalah makanan yang pantang dikonsumsi ketika kita memiliki kolestrol tinggi

Jenis makanan yang masuk dalam golongan tidak boleh dikonsumsi tandanya kadar kolesterolnya jauh melebihi angka asupan harian yang dibutuhkan tubuh. Sementara itu, batas kolesterol harian yang dianjurkan yaitu sebesar 200 hingga 300 mg/hari. Berikut berbagai jenis makanan yang dilarang beserta jumlah kolesterolnya per 100 gram.

Otak sapi, 3.100 mg
Jeroan, 3.100 mg
Otak kambing, 2.559 mg
Kuning telur, 2.307 mg
Daging sapi berlemak, 1.995 mg
Telur bebek, 884 mg
Telur puyuh, 844 mg
Caviar (telur ikan), 588 mg
Ati ayam, 584 mg
Daging bebek dengan kulit, 515 mg
Daging kambing, 462 mg

2. Makanan yang perlu dibatasi

Selain makanan yang benar-benar dilarang, ada berbagai makanan yang masih boleh dikonsumsi tetapi dalam porsi kecil agar tidak melebihi batas kolesterol harian. Berikut berbagai makanan yang perlu dibatasi disertai dengan kadar kolesterolnya per 100 gram.

Cumi-cumi, 260 mg
Mentega, 256 mg
Makanan cepat saji, 235 mg
Biskuit, 221 mg
Udang, 161 mg
Belut, 161 mg
Cokelat, 140 mg
Keju 123 mg
Susu, 116 mg
Es krim, 92 mg
Kerupuk, 89 mg
Kerang, 67 mg
Kepiting, 42 mg

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, kita perlu mengonsumsi berbagai makanan seperti:

- Serat yang berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum utuh.
- Produk susu bebas atau rendah lemak.
- Kacang-kacangan.
- Ikan dan ayam atau unggas tanpa kulit.
- Makan ikan dua kali seminggu, terutama yang kaya omega-3 seperti tuna, salmon, makerel, teri, dan lele.
- Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dan membatasi asupan lemak jenuh dan juga trans.
- Membatasi makanan yang tinggi garam dan gula.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top