Item terkait

Kamis, 10 Mei 2018 16:32

INI NIH TANDANYA KALAU KAMU SUDAH MENCINTAI DIRIMU SENDIRI

Mencintai diri sendiri itu merupakan dasar hidup yang paling penting dalam kehidupan seseorang.

Itu artinya rasa cinta pada diri sendiri itu sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Bisa dikatakan, dalam hidup yang paling utama adalah kita mencintai diri kita sebelum mencintai orang lain. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita melakukan sesuatu hal apapun sesuka hati kita, makan sebanyak apapun, keluyuran kemanapun sesuka hati. Nah jangan sampai malah menjadi kebalikannya ya, kita melakukan hal apapun sesuka hati padahal malah termasuk merusak diri yang berarti kita tidak mencintai diri kita.

Lalu kira-kira apa saja sih hal yang mencerminkan bahwa kita sudah mencintai diri kita sendiri?

1. Tahu siapa dirimu dan menerima apa adanya dirimu.

Mencintai diri sendiri digambarkan dengan ketika kamu mengenal dirimu dan tau bagaimana dirimu sebenarnya, kamu menerima itu dan percaya diri bahwa kamu hebat. Jika jatuh, kamu berusaha untuk bangkit. Dengan mencintai dirimu sendiri percayalah kamu akan bisa maju menjadi manusia yang hebat.

 

2. Merawat kesehatan Tubuh dan mentalmu.

Merawat kesehatan tubuh dan mentalmu adalah hal yang mencerminkan bahwa kamu mensyukuri nikmat ciptaan Tuhan yang diberikan kepadamu. Merawatnya cukup dengan berolahraga teratur, makan teratur, istirahat teratur, hindari hal-hal yang dapat merusak tubuhmu seperti minuman keras, rokok, junkfood, keluyuran malam dan hal buruk lainnya.

 

3. Tidak membiarkan orang lain merenggut kebahagiaanmu.

Ketika kamu sudah mencintai dirimu sendiri, kamu tidak akan membiarkan orang lain merenggut kebahagiaanmu begitu saja. Kamu tidak menggantungkan rasa bahagiamu pada orang lain. Bagaimanapun, kamu berusaha untuk menciptakan kebahagiaan itu dari dalam. Kamu memahami bahwa untuk menjadi bahagia tidak perlu menunggu ada yang membahagiakan. Kamu tidak akan mudah terombang-ambing hanya karena tindakan kurang menyenangkan dari orang lain. Intinya, kamu tidak menggantungkan kebahagiaanmu pada siapapun. Justru kamu ingin membagikan kebahagiaanmu kepada orang lain.

 

4.Terus berusaha menjadi lebih baik.

Menerima dan mencintai diri sendiri bukan berarti kita tenggelam dalam kekurangan diri. Kritikan yang datang padamu kamu jadikan sebagai bahan koreksi agar bisa lebih baik lagi. Selain itu, kamu tidak akan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Tiap orang lahir dalam keadaan yang berbeda, maka dari itulah setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. So, tidak perlu membandingkan dirimu dengan siapa-siapa. Cukup bandingkan dirimu hari ini dengan dirimu yang kemarin.

 

5. Percaya diri.

Memiliki sikap percaya diri juga merupakan bukti bahwa kamu berhasil mencintai dirimu sendiri. Kamu gak pernah ragu dengan kemampuanmu karena kamu sudah yakin dengan kapasitas dirimu. Akan tetapi jangan sampai kepercayaan dirimu kelewat batas ya. Nanti malah bikin orang lain jengah.
 

 

  • EN: EN
Scroll To Top