Minggu, 22 April 2018 10:58

TAHUKAH KAMU MENGAPA AIR LAUT ITU ASIN?

Siapapun kamu pasti sudah tahu kalau air laut itu rasanya asin. Tetapi, apakah kamu sudah tahu mengapa air laut itu asin?

Berikut penjelasannya.

Air laut berasal dari air hujan yang turun yang mengalir melalui sungai-sungai dan pada akhirnya bermuara di laut, setelah itu akan mengalami menguap menjadi awan dan turun kembali menjadi hujan. Sepanjang proses tersebut, air yang mengalir melalui sungai-sungai membawa garam-garam mineral seperti kalium, kalsium, natrium dan lain-lain. Garam-garam mineral tersebut didapatkan dari batu-batuan serta kerak bumi yang dilalui sepanjang air mengalir. Saat sampai di laut, garam-garam mineral tersebut tetap tinggal sedangkan H2O menguap menjadi awan. Garam-garam mineral yang tinggal inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Faktor lain mengapa air laut asin adalah aktivitas vulkanisme bawah laut dan letusan gunung berapi yang berada di bawah air. Hal ini mirip dengan proses sebelumnya dimana air laut yang bereaksi dengan batu panas melarutkan beberapa mineral garam. Beberapa garam terlarut bereaksi dengan batu yang panas dan terpisah dari air.

 

Kalau kamu penasaran dengan penjelasan kami apakah betul atau tidak, kamu bisa melakukan percobaan sendiri dirumah untuk mendapatkan jawabannya. Caranya gampang! Peralatan yang dibutuhin cuma garam, sendok makan, segelas air, panci dan kompor. Pertama masukin satu sendok garam ke dalam gelas, lalu isi dengan air. Setelah terlarut coba deh kamu panasin air itu di panci. Tunggu sampai airnya habis, pada permukaan panci terdapat kristal-kristal garam. Nah proses ini contoh dari apa yang terjadi di alam guys!

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top