Item terkait

Selasa, 08 Jun 2021 21:53

HARI LAUT SEDUNIA RAYAKAN DAN MASA DEPAN LAUT KITA ADA DI TANGAN KITA

Hari Laut sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa alias PBB pada tanggal 8 Juni...

yang sengaja dibuat demi mengajak khalayak internasional untuk sadar akan keberadaan laut dan peduli terhadap pentingnya laut bagi manusia dn makhluk hidup lainnya di bumi.

Sejarah Hari Laut Sedunia berawal dari United Nations Conference on Environment and Development pada 1992 di Rio de Janeiro, Brasil yang diususlkan oleh delegasi Kanada. Dan gagasan itu kemudian diresmikan pada tahun 1998 yanng hingga saat ini setiap tanggal 8 Juni diperringati sebagai Hari Laut Sedunia.
 

Tentunya kita semua tahu bahwa 70 persen bumi kita adalah lautan yang mana keberadaannya sangatlah penting bagi kelangsungan hidup kita dan makhluk lainnya. Laut berfungsi mengatur kadar suhu di bumi, karena laut dapat membawa suhu panas dari daerah khatulistiwa ke daerah kutub dan begitu pula sebaliknya. Apabila laut kita terjaga dengan baik, maka suhu di semua wilayah akan stabil.Tak hanya merayakan asal merayakan hari Laut Sedunia, Pemburu Ombak dengan semangat mengajak para pembaca untuk lebih meningkatkan kesadaran akan menjaga lautan.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah berpartisipasi dalam melestarikan dan menjaga lautan yang tentunya bisa kalian praktekan dengan mudah.

 

1. Mendaur ulang sampah

Kita semua tahu bahwa laut kerap dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah bagi beberapa oknum tak bertanggungjawab. Nah, kini kita coba mulai memilah milah sampah apa saja yang mungkin bisa didaur ulang dan tak berakhir menjadi sampah laut. Contoh : Botol plastik bisa kamu jadikan pot tanaman atau kemasan plastik bisa kamu susun untuk dijadikan tas daur ulang.

Dibawah ini adalah seorang pembuat papan yang mendaur ulang 1000 punttung rokok menjadi sebuah papan selancar yang indah.

Gila! Papan Surfing Ini Terbuat dari Daur Ulang 10.000 Puntung Rokok! |  KASKUS

 

2. Menghemat air

Mengapa kita harus menghemat air? Limbah air kotor dapat mengancam ekosistem laut, jika air kotor ini mengalir ke laut. Banyak dari kita tidak menyadari hal ini tetapi cara ini sangat penting untuk dilakukan. Kita perlu mengendalikan konsumsi air agar tidak berlebih, sehingga air kotor yang terbuang ke laut semakin berkurang.

 

3. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Usahakan menggunakan botol minum, alat makan ataupun kantong yang bisa selalu kalian gunakan lagi dan lagi alias bukan yang terbuat dari plastik sekali pakai. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan dan jika kita semua menerapkan ini bisa kita bayangkan kehidupan laut yang sehat serta kehidupan kita yang sehat.

 

4. Kurangi polusi udara

Polusi udara yang mengakibatkan pemanasan global membuat suhu bumi meningkat, termasuk suhu pada permukaan laut. Akibatnya, hewan-hewan dan tanaman-tanaman laut bisa mati karena perubahan suhu yang ekstrim. Kita dapat mencegah polusi udara dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menghasilkan gas karbon. Sebagai gantinya, gunakan transportasi umum yang tersedia, berjalan kaki, atau bersepeda.

 

5. Tak pernah tinggalkan sampah di Pantai atau menanam sampah didalam Pasir pantai.

Ini poin yang sangat penting dan sangat mudah untuk diterapkan. Jangan pernah meninggalkan sampah ketika kamu ke pantai. Selalu bawa kantong sampah sendiri terutama jika kita mengunjungi pantai yang masih tergolong belum banyak dijamah orang karena biasanya di beberapa pantai terpencil di Indonesia belum tersedia bak bak sampah di sekitar pantainya. Lalu, masih banyak dari kita yang menimbun sampah di dalam pasir pantai. Setidaknya kami pernah melihat aksi tanam sampah di pasir pantai dan itu sangat menyedihkan.

 

6. Mengurangi penggunaan Energi

Penggunaan energi seperti listrik dan bahan bakar fosil dapat berdampak bagi ekosistem laut. Kelebihan energi yang digunakan dapat menyebabkan hujan asam, sehingga bisa merusak laut. Oleh karenanya, kita sebaiknya mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu di siang hari dan mencabut alat elektronik yang sedang tidak digunakan. 

 

Nah itulah beberapa cara yang bisa sedikit demi sedikit kalian lakukan. Lindungi lautan karena kelestarian laut dan kehidupan kita ada ditangan kita. Selamat Hari Laut Sedunia :)

  • EN: EN
Scroll To Top