Senin, 12 Maret 2018 17:14

KETAHUI TENTANG SURFER'S EYE

Surfing adalah olahraga yang keren dan juga setengah aman. Tentu kita semua yang berselancar pernah terbentur dengan papan atau alami cedera karena surfing...

...dan memungkinkan kita kehilangan perhatian pada olahraga ini. Tapi memang inilah tantangan dari olahraga yang menyenangkan tersebut.

Bukan hanya cedera ringan maupun berat yang tak asing menyapa, ada juga gangguan mata yang biasanya hampir semua peselancar berumur memilikinya. Lantaran Efek kumulatif dari terpaan angin, percikan air laut dan radiasi ultra violet menyebabkan pterygium dan katarak. Kondisi ini mungkin menakutkan, namun jangan khawatir karena hal ini sangat umum dan sepenuhnya dapat dihindari.

 

Pterygiums - "Surfer's Eye"

Pterygium sangat umum di kalangan peselancar sehingga sering disebut Surfer's Eye. Beberapa teman surfer Kamu yang lebih tua mungkin memilikinya. Ini memanifestasikan membran yang bening, putih, atau merah muda yang tumbuh di sudut bagian dalam dari satu atau kedua mata. Membran ini dimulai dari kecil, hanya di sudut mata dan menyebar dalam bentuk segitiga.

Pterygium tidak akan menyebabkan kebutaan segera. Namun kondisi di tahap awal pertumbuhannya agak menjengkelkan. Rasanya kering dan gatal. Kamu mungkin ingin menggunakan obat tetes mata untuk mengurangi rasa gatal. Seiring pertumbuhan pterygium itu bisa datang untuk menutupi pupil dan sangat mengganggu penglihatan. Pada saat ini operasi tentulah diperlukan.

Operasi pterygium terdiri dari pemotongan dan gesekan pertumbuhan bola mata secara harfiah. Biayanya minimal $ 2.000 di AS. Meski operasi menjadi perlu, ia memiliki kelemahan serius. Setelah operasi pterygiums biasanya tumbuh kembali lebih cepat dan lebih kuat dari sebelumnya.

Cara terbaik untuk menghindari pterygiums adalah dengan menjaga agar mata Kamu "nyaman". Bila matamu kering gunakan pelumas tetes mata. Yang terpenting, jaga agar matamu terlindungi dari sinar matahari dan angin. Saat di luar memakai kacamata hitam cakupan penuh yang menawarkan perlindungan UV 100%. Bila Kamu berselancar Kamu harus memakai kacamata hitam selancar.

Pterygium biasanya tidak memerlukan pembedahan kecuali jika tumbuh sedemikian rupa sehingga menyebabkan masalah visual. Beberapa gejala seperti iritasi bisa diatasi dengan air mata buatan. Pembedahan juga dapat dipertimbangkan untuk gejala yang tidak terkendali.

 

Katarak

Katarak juga sangat umum di kalangan peselancar.
Katarak merupakan penyakit mata yang dicirikan dengan adanya kabut pada lensa mata. Jika katarak yang tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan; Katarak adalah salah satu penyebab utama kebutaan di dunia.

Operasi katarak adalah produk obat modern yang menakjubkan. Dokter memotong bola mata, melepaskan lensa alami yang mendung dan menggantinya dengan lensa sintetis baru. Biaya operasi minimal $ 3.200 per mata  dan waktu pemulihan adalah satu sampai empat minggu.

Penyebab utama katarak adalah paparan sinar UV jangka panjang. Siapa pun yang menghabiskan banyak waktu menatap matahari yang menyilaukan ketika mencari ombak sangat berbahaya terancam katarak.

 

Jaga mata mu agar tetap sehat

Sementara waktu yang dihabiskan untuk berselancar dapat menyebabkan pterygium dan katarak, diharuskan bagi kamu untuk menjaga matamu setidaknya dengan cara berikut :

1. Gunakan tetes mata saat mata mu terasa gatal atau kering
2. Jagalah agar matamu terlindungi dari sinar matahari, angin
3. kenakan kacamata hitam untuk melindungi matamu dari kerusakan kumulatif.

 

So guys.. Keep Healthy, Keep Surfing!

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top