Surfer pro Dede Suryana sedang memandang ombak untuk bersiap surfing di pagi hari Surfer pro Dede Suryana sedang memandang ombak untuk bersiap surfing di pagi hari

Item terkait

Selasa, 06 Maret 2018 17:22

BERSELANCAR DI PAGI HARI DAN DAPATKAN MANFAAT SINAR MATAHARI PAGI BAGI KESEHATANMU

Kami percaya kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa sinar matahari pagi sangatlah baik untuk kesehatan tubuh.

Namun masih banyak dari kita masih belum mengerti apa manfaat sebenarnya dari paparan sinar matahari pagi tersebut.

Sinar matahari yang sehat terdapat pada saat matahari mulai terbit terang berderang di pagi hari yakni sekitar pukul 7 hingga 8 pagi. Setelah jam itu, matahari masih menyimpan cahaya yang sehat untuk kita serap, namun juga sudah menyimpan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kita, meskipun tidak sebahaya pada waktu siang hari. Usahakan untuk melakukan aktifitas yakni olahraga seperti surfing, lari, bersepeda, ataupun jalan santai di pagi hari di jam 7 hingga 8, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil ganda dalam satu aktifitas.

 

Berikut adalah manfaat luar biasa dari paparan sinar matahari pagi untuk kesehatanmu.

 

1. Bagus untuk Tulang

Matahari pagi mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan otot. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis atau kerapuhan tulang.

 

2. Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan gula dalam darah. Keadaan ini terjadi karena terganggunya kinerja insulin dalam tubuh. Mendapatkan sinar matahari di pagi hari, membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang menjauhkanmu dari penyakit diabetes mematikan ini.

 

3. Mencegah Kanker

Berselancar ataupun melakukan aktifitas olahraga lainnya di pagi hari mampu memompa kinerja tubuh menjadi lebih baik dan lebih tahan terhadap sel kanker. Ditambah lagi jika kamu memadukan metode ini dengan memakan makanan yang sehat.

 

*Seorang surfer turis sedang bersiap untuk surfing di pagi hari di Mentawai (Photo by: Pemburu Ombak)

 

4. Baik untuk sirkulasi darah

Sirkulasi darah sangat penting untuk tubuh karena darah bekerja untuk menyampaikan sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika sirkulasi darah baik, makan jantung akan mendapatkan oksigen yang cukup dan otak juga mengalami hal yang sama sehingga organ tubuh berfungsi dengan baik. Berselancar di pagi hari dan mendapatkan paparan sinar matahari akan membantumu meningkatkan kesehatan peredaran darah.

 

5. Mengobati depresi

Sinar matahari pagi berfungsi merangsang kelenjar endorfin yang berfungsi memberikan rasa santai dan bahagia yang meminimalisir stress dan depresi.

 

6. Memberikan tidur nyenyak

Banyak orang yang mengeluhkan susah tidur atau insomnia. Dengan mendapatkan sinar matahari pagi, kamu bisa menepis penyakit tersebut. Sinar matahari mampu mengaktifkan hormon melatonin yaitu hormon yang berfungsi mengatur tidur yang terletak di dasar otak.

 

7. Meningkatkan imunitas

Sinar matahari pagi membantumu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Ketika tubuh terpapar oleh sinar matahari pagi, maka ia akan menghasilkan banyak sel darah putih yang bertugas membentengi tubuhmu dari penyakit dan benda jahat dan juga melawan bakteri dan virus.

 

Satu yang perlu kalian tahu, berselancar di pagi hari tak hanya mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi, tetapi kamu juga mendapatkan ombak terbaik ketika pagi hari.

 

 

 

  • EN: EN
Scroll To Top