Sabtu, 24 Februari 2018 19:05

YUK MANJAKAN MATAMU DENGAN PEMANDANGAN KOLONG BIRU DI BANGKA TENGAH

Kolong biru adalah bekas galian timah yang kini populer menjadi tempat wisata..

Kolong merupakan bahasa Bangka yang berarti kolam atau danau bekas galian timah. Kolong Biru terletak di perbatasan antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan, tepatnya di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan dan Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Selain dikenal dengan nama Kolong Biru, Danau Kaolin yang mirip seperti di Belitung. Ada juga yang menyebutkanya sesuai lafal Bangka, yakni Danau Aik Biru yang berarti Danau Air Biru. Kawasan ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Pangkalpinang yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Tidak ada petunjuk khusus menuju Kolong Biru, karena kawasan ini memang tidak dikelola secara resmi sebagai lokasi wisata. Biasanya pengunjung bertanya kepada warga lokal untuk mencapai lokasi bekas galian timah milik salah satu perusahaan swasta itu.

Disana pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan air berwarna biru cerah yang luas. Di sekelilingnya terlihat gundukan tanah bekas galian timah berwarna putih membentang dan membentuk bukit-bukit baru. Cantik sekali. Selain pemandangan air yang berwarna biru, ternyata ada juga suguhan air yang berwarna hijau.

Kolong Biru ini sudah ditinggalkan oleh perusahaan pengelola timah sejak sekitar 4 tahun yang lalu. Mereka membiarkannya begitu saja tanpa ada revitalisasi. Dua tahun kemudian, kolong ini mulai ramai didatangi warga lokal karena pemandangannya yang menakjubkan.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top