Jumat, 15 Desember 2017 00:33

SARAPAN PAGI UNTUK AWALI HARI YANG PRODUKTIF DAN PENUH SEMANGAT

Tahukah kamu seberapa pentingnya sarapan pagi itu ?

Jika kamu merupakan orang yang suka mengabaikan sarapan pagi, maka kamu patut membaca artikel ini. Sobat pemburu ombak, sarapan pagi itu wajib dilakukan karena sangat penting bagi tubuh kita. Baik kita hanya sekedar ingin bersantai dirumah dan terlebih ingin melakukan aktifitas berat diluar rumah, maka utamakanlah awali harimu dengan sarapan. Jika kamu merupakan pribadi yang aktif dan penuh kegiatan, awali dengan sarapan yang mengandung tinggi serat yang berfungsi dapat mengintrol gula darah dan membuatmu tidak loyo.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa sarapan memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, melewatkan sarapan akan bikin tubuh rentan terserang sakit, sistem pencernaan tidak stabil hingga meningkatkan berbagai macam penyakit berisiko yang mematikan.

 

Inilah beberapa manfaat yang kita dapat ketika kita melakukan rutin sarapan pagi.

Membantu melindungi tubuh dari penyakit

 

Menurut sebuah studi, kadar kolestrol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan selama dua minggu diduga akan meningkat, dibandingkan wanita yang mengonsumsi semangkuk sereal biji-bijian utuh kaya serat dengan susu. Serat akan mengikat kolesterol dan lebih cepat dibuang keluar tubuh sebelum mencapai arteri. Bahkan menurut penelitian, asupan serat yang tinggi diduga mampu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen dan membantu membuang kelebihan estrogen. Karena kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

 

Meningkatkan kemampuan otak

 

Menurut suatu penelitian, siswa yang sarapan rata-rata diduga memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan mengingat. Ketika bangun pagi, kebanyakan energi (dalam bentuk glukosa dan glikogen) telah habis digunakan untuk beraktivitas di hari kemarin. Padahal glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. Tanpa glukosa, kita akan merasa lelah dan sulit berkonsentrasi.

 

Membantu menurunkan berat badan

 

Ketika tidak ada makanan dalam tubuh, kalori dibakar perlahan-lahan untuk menghemat energi. Makan pagi sebagai pemicu awal proses metabolisme, dan ini berarti pembakaran kalori menjadi lebih efisien selama sepanjang hari tersebut. Disarankan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana karena dapat membuat gula darah melonjak dan turun dengan cepat. Anda pun akan merasa lapar kembali pada jam 11 siang dan muncul keinginan untuk mengemil.

 

Oleh karena itu, dianjurkan makan karbohidrat kompleks sepert oatmeal atau roti dari biji-bijian utuh yang tinggi serat dan rendah gula. Karena dicerna perlahan oleh tubuh, makanan tersebut memberi energi stabil yang membuat Anda tetap merasa kenyang dan meminimalkan keinginan untuk mengemil.

 

Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

 

Sarapan adalah waktu makan paling sehat dan orang yang terbiasa sarapan cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan.

 

Menu sarapan juga tidak boleh sembarangan. Sarapan yang sehat dianjurkan mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kita kenyang selama berjam-jam.

 

 

Ibarat mobil, sarapan adalah bahan bakar yang sangat penting untuk jalannya mobil (tubuh kita) yang terlelap tidur semalaman. Sarapan adalah bahan bakar yang membuat kita dapat memulai aktivitas sehari-hari. So, jangan lupa sarapan ya guys! Keep healthy, keep surfing :)

 

 

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top