Item terkait

Jumat, 29 September 2017 22:08

10 PANTAI YANG BISA KAMU KUNJUNGI KETIKA MELANCONG KE PACITAN

Meski mendapat julukan sebagai Kota Seribu Goa, Pacitan juga merupakan salah satu penyedia pantai yang ciamik.

Pacitan bahkan merupakan salah satu penyumbang pantai terbanyak di Jawa Timur. Total ada lebih dari 10 pantai yang bisa kita kunjungi di Pacitan. Sebagian besar pantai di Pacitan memiliki pasir yang putih dengan air laut yang jernih. Beberapa diantaranya juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk surfing. Sebagian besar pantai di Pacitan berada jauh dari kota sehingga suasananya cenderung masih sepi. Pantai yang jauh dari kota tersebut biasanya justru yang memiliki pesona luar biasa cantik.

Untuk kamu yang menyukai wisata pantai, khususnya yang tinggal di pulau Jawa, Pacitan nampaknya menjadi salah satu daerah yang wajib dikunjungi.

 

Berikut ini adalah 16 pantai yang bisa kamu kunjungi di Pacitan.

1. Pantai Klayar

Banyak orang yang berpendapat bahwa pantai Klayar adalah pantai paling cantik di Pacitan. Pendapat tersebut memang ada benarnya jika melihat suasana di pantai Klayar yang cantiknya luar biasa

Pantai ini terletak di desa Kalak kecataman Donorojo. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Pacitan. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut dengan ombak yang sedang. Pantai Klayar dikelilingi oleh batu dan perbukitan karang. Di salah satu batu karang yang terletak di ujung timur terdapat sebuah air mancur yang masuk melalui celah-celah karang. Menjadikan suasana di pantai menjadi semakin unik.

 

2. Pantai Srau

Pantai yang satu ini juga tak kalah cantik. Lokasinya yang juga cukup jauh dari kota membuat pantai ini tidak terlalu ramai. Di pantai Srau ini, sekali berkunjung kamu akan mendapatkan tiga pantai sekaligus.

Yap, Pantai Srau terdiri atas tiga bagian yang semuanya memiliki pesona yang begitu aduhai. Pasir putih dengan air yang jernih plus bukit dan batu karang yang membuat suasana disana menjadi semakin komplit. Ombak di pantai ini cukup tinggi sehingga di beberapa titik terdapat himbauan untuk tidak berenang. Tapi, bermain-main air di bibir pantai bisa menjadi hal yang menarik dilakukan disini. Pantai yang cocok untuk bermain air adalah yang berada di paling barat. Di dekat pantai paling barat ini terdapat sebuah bukit yang cocok sekali untuk mencari spot foto terbaik.

 

3. Pantai Banyu Tibo

Dalam Bahasa Jawa, Banyu Tibo artinya air jatuh. Jadi, bisa ditebak bagaimana suasana pantai yang satu ini. Tak jauh beda dengan pantai-pantai lain di Pacitan, Banyu Tibo juga memiliki pasir putih dan dikelilingi oleh bukit-bukit karang.

Yang unik dari pantai ini adalah lokasinya yang berada dibawah sebuah tebing. Yang lebih menarik lagi, ada sebuah air terjun  yang mengalir dari tebing tersebut. Air terjun yang mengalir dari tebing tersebut mengalir langsung ke pantai. Sehingga, tak kebayang bagaimana asiknya suasana disana.

 

4. Pantai Teleng Ria

Lokasi pantai ini adalah yang paling dekat dengan kota. Hanya sekitar 3,5 km saja. Karna lokasinya paling dekat dengan kota maka suasana di pantai juga cenderung lebih ramai dibandingkan pantai-pantai lain. Apalagi saat hari libur. Tambah ramai.

Pantai yang satu ini cocok banget untuk liburan rame-rame bersama keluarga. Untuk menjaga keselamatan para pengunjung, di pantai ini terdapat sebuah life guard tower yang digunakan penjaga untuk melakukan pengawasan terhadap para pengunjung.

 

5. Pantai Buyutan

Kecamatan Donorojo menjadi salah satu kecamatan di Pacitan yang memiliki pantai-pantai dengan pesona luar biasa. Selain pantai Klayar yang sudah sangat terkenal, ada pantai lain yang lokasinya juga di kecamatan yang sama yakni Pantai Buyutan. Tidak jauh beda dengan Pantai Klayar yang merupakan tetangga dekatnya, Pantai Buyutan memiliki pasir putih super lembut yang sayang sekali kalau dilewatkan.

 

6. Pantai Sruni

Pantai ini berada satu kecamatan dengan Pantai Srau. Jika pantai Srau cenderung sudah lebih dikenal oleh wisatawan, beda halnya dengan Pantai Sruni. Akses ke pantai ini juga jauh lebih sulit dibandingkan Srau.

Maka tak heran kalau pantai ini masih sangat sepi. Kesepian pantai ini membuatnya seakan pantai pribadi ketika sedang berada disana. Jika kamu termasuk penggemar pantai yang sepi, berkunjung ke pantai ini akan menjadi hal yang sangat menarik.

 

7. Pantai Watukarung

Watukarung mungkin adalah pantai terbaik di Pacitan untuk lokasi surfing. Ombak di pantai ini cenderung lebih besar dari pantai-pantai lain di Pacitan, termasuk Srau yang merupakan tetangganya. Tentu saja, keganasan ombak tersebut justru menjadi tempat bermain yang asik untuk para peselancar.

Secara keseluruhan pantai ini memiliki pesona yang membuat kita lupa daratan. Air laut yang bersih berwarna biru serta pasir putihnya membuat kita betah berlama-lama disana. Untuk menikmati keindahan pantai, kita harus sedikit berjuang karna lokasinya dan akses jalannya yang terjal.

 

8. Pantai Kunir

Pantai Kunir berada di desa Pager Kidul, kecamatan Sudimoro. Akses menuju pantai ini memang tidak gampang. Namun, di tengah sulitnya perjalanan menuju pantai Kunir, kamu akan mendapatkan sebuah sajian yang sangat sebanding

Pantai Kunir memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang. Seperti pantai lain pada umumnya di Pacitan. Pantai ini cukup asik untuk mainan air. Panjang pantai Kunir ini sekitar setengah kilometer dan masih sangat sepi. Tipikal pantai yang sangat pas untuk mencari inspirasi

 

9. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh juga menarik untuk dikunjungi saat kamu sedang liburan ke Pacitan. Suasananya yang cukup sepi membuat Pantai Kli Uluh sangat tepat untuk mengusir segala kepenatan.

Pantai ini berada di desa Klesem, Kecamatan Kebonagung. Jika ditempuh dari kota Pacitan kira-kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit-an untuk sampai ke pantai ini. Sama seperti pantai-pantai lain di Pacitan, pantai ini juga memiliki pasir berwarna putih. Pantai ini kurang cocok main kejar-kejaran ombak karna di bibir pantainya terdapat bebatuan yang cukup besar.

 

10. Pantai Pidakan

Pantai yang satu ini memang berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya. Jika biasanya orang-orang mencari pantai dengan pasir putih lembut untuk bermain-main, di pantai ini kamu tidak akan mendapatkan hal semacam itu. Karna pantai ini dipenuhi oleh batu-batu kerikil di hampir sepanjang bibir pantai

Meski demikian, pemandangan ini justru menjadi sangat unik. Apalagi, ada banyak pohon-pohon kelapa yang tumbuh tepat di pinggiran pantai. Menjadikan pantai ini sangat tepat untuk bersantai dan menenangkan pikiran.

 

 

 

Sumber : www.yukpiknik.com

 

 

 

 

  • EN: EN
Scroll To Top