Item terkait

Minggu, 07 Mei 2017 14:05

TURIS SINGAPURA DIGIGIT KOMODO, BERIKUT KRONOLOGINYA

Komodo tidaklah berbahaya jika kita para turis mendengarkan peringatan dari para warga lokal dan didampingi ranger..

Seorang turis asal Singapura harus menderita luka parah di kakinya paska digigit oleh seekor komodo di Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur pada hari Rabu lalu.

Lon Lee Alle dilaporkan telah digigit di kaki kirinya ketika ia tengah mengobservasi komodo yang tengah makan pada saat itu. Turis ini juga sempat tidak menghiraukan peringatan dari warga setempat untuk tidak terlalu dekat dengan komodo apalagi ketika si komodo sedang makan. Karena menurut Sudiyono yang merupakan kepala dari Taman Nasional, Komodo tidak suka diawasi ketika sedang makan, komodo bisa menganggap bahwa turis itu menginginkan makanannya sehingga terjadilah kejadian yang tak diinginkan ini.

Kronologi digigitnya Lon dikarenakan kelalaiannya sendiri yang kala itu ingin mengobservasi Komodo tanpa didampingi ranger. Sehari sebelum Lon digigit, seorang warga mengatakan bahwa ada kamnbing yang mati digigit komodo, sehingga dipastikan besok harinya, komodo lain akan datang untuk memakan bangkai kambing itu. Lalu Lon berinisiatif datang keesokan harinya untuk mengabadikan kegiatan makan komodo. Ketika Lon tengah mengamati, Lon tidak menyangka bahwa ada seekor Komodo lain dibelakangnya dan langsung mengigit kaki kiri nya.

Peristiwa gigitan komodo ini merupakan pertama kalinya lagi setelah lima tahun silam. Paska kejadian digigitnya Lon Lee langsung dilarikan ke Rumah Sakit dengan speedboat.

 

Dengan kejadian gigitan ini, tentunya membuat performa pulau komodo akan sedikit menurun. Namun kami menghimbau kepada sobat untuk tidak takut pergi ke Pulau Komodo yang begitu indah ini. Jika kita para wisatawan mendengarkan peringatan dari para warga lokal dan didampingi ranger, niscaya kejadian seperti ini tidak akan terjadi..

  • EN: EN
Scroll To Top