7 TIPS MENGHILANGKAN RASA TAKUT TERHADAP OMBAK YANG LEBIH BESAR Credit Pict : LetsBeWild.com
Senin, 16 Januari 2017 18:57

7 TIPS MENGHILANGKAN RASA TAKUT TERHADAP OMBAK YANG LEBIH BESAR

Beberapa tips ini sangat penting untuk menambah performa surfing kalian..

Hal yang umum ditakuti oleh semua peselancar baik yang pemula maupun yang pro adalah ombak. Yang kami maksudkan adalah takut menghadapi ombak yang lebih besar dari biasanya. Misalkan kamu biasanya surfing di ombak 2 atau 3 kaki, dan ketika ombak 4 atau 5 kaki hadir, kamu tiba tiba tercengang dan kemudian timbul perasaan takut mengahadapi ombak tersebut.

Takut,  bukan berarti firasat buruk, perasaan takut muncul beberapa kali sebagai respon adaptif dari tubuh untuk situasi yang dianggap oleh otak dan pikiran kita berpotensi berbahaya.Dalam kalangan peselancar, biasanya perasaan takut akan gelombang yang besar didasari atas trauma atau pengalaman wipeout dan jatuh lainnya.

Kali ini kami berikan beberapa saran yang mungkin dapat membantu kamu melepas rasa ketakutanmu untuk menghadapi ombak yang lebih besar dari yang biasanya kamu tunggangi..

 

1.PERBAIKI KONDISI FISIKMU

Latih dirimu agar kondisi fisiku semakin kuat dan tahan lelah seperti dengan melakukan renang, bersepeda, berjalan cepat, angkat beban dll. Dengan kondisi fisikmu yang fit dan tak mudah lelah, niscaya ombak sebesar apapun dapat kamu taklukan, kalaupun apes terkena wipeout, kamu akan tetap fit untuk berenang dan menggenggam kembali papan selancarmu lalu kembali ke pantai atau meneruskan surfing.

 

2. LATIHAN PERNAFASAN

Tak hanya penyanyi yang harus latihan pernafasan agar kualitas suara menjadi OK, surfer pun harus berlatih pernafasan apalagi khusus buat kalian yang mempunya rasa takut tinggi. Melatih pernafasan dapat membantu kalian tetap tenang ketika tenggelam saat sesi surfing menghadapi ombak yang lebih besar. Cara berlatih pernafasan bisa dengan cara, bernafas cepat selama 10 detik, kemudian tahan nafas didalam air selama 30 sampai 60 detik secara berulang ulang.

 

3. LATIH PSIKOLOGI

Ketika Kamu melatih kapasitas paru-parumu dan fisikmu, Kamu akan mulai merasa diri Kamu lebih santai dan bahkan Kamu akan mengkonsumsi lebih sedikit oksigen. Kepercayaan diri tumbuh, Seiring waktu, Kamu mulai merasionalisasi rasa takut dan memahami dirimu sendiri, rasa keamanan dan kepercayaan diri otomatis bertingkat.

 

4. TEKNIK

Jaga tubuhmu agar statis dan santai ketika jatuh. Idealnya kamu hanya harus bereaksi ketika ombak berlalu, Selama tenggelam, jangan biarkan udara keluar, jadi darahmu bia terus lanjut menerima oksigen.

 

5. JANGAN SURFING SEORANG DIRI

Berselancarlah dengan teman atau mendaftar belajar surf di sekolah dan jangan malu untuk berbagi perasaan kamu (kecemasan, ketakutan, ketegangan, dll) dengan rekan-rekan surfingmu di line up sehingga mereka bisa memonitor kamu.

 

6. HINDARI KETIDAKNYAMANAN

Hindari berselancar ketika kamu sedang lelah atau kurang fit. Jika surfing bukan di tempat biasa kamu surfing, biasakan mengamati ombak kurang lebih 20 atau 30 menit sebelum kamu memutuskan untuk surfing. Kenali dulu jenis ombak dari luar sebelum memutuskan masuk ke line up.

 

7. LANGKAH DEMI LANGKAH

Jangan tergesa gesa dan rencanakan kemajuan kamu secara bertahap.

Item terkait

Scroll To Top