Selasa, 12 Juli 2016 09:45

BEBERAPA TEMPAT DI BANDAR LAMPUNG YANG HARUS KALIAN DATANGI

Lampung menyimpan banyak tempat wisata indah, bahkan spot surfing pun tersedia disini..

Lampung adalah termasuk salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Lokasinya yang ada di bagian selatan Pulau Sumatra ini, mempunyai obyek wisata yang beragam, wisata alam dengan  panorama memukau menjadi obyek wisata yang dominan di wilayah ini. Meskipun begitu, Lampung tentunya tak hanya punya wisata alam cantik saja. Untuk lebih jelasnya, kami beberkan beberapa tempat wisata Lampung yang mungkin menarik minat kalian untuk mengunjunginya..

 

1. Taman Nasional Way Kambas - Taman yang sudah begitu terkenal ini identik dengan gajahnya. Namanya adalah Taman Nasional Way Kambas. Di sinilah lokasi perlindungan satwa gajah sumatera yang dari hari ke hari populasinya semakin berkurang. Taman Nasional Way Kambas yang didirikan tahun 1985 adalah sekolah gajah yang pertama di nusantara. Tempat ini awalnya mempunyai nama Pusat Latihan Gajah atau PLG, selanjutnya nama tersebut diubah kembali menjadi pusat konservasi gajah dengan harapan di tempat ini hewan gajah dapat dilatih, dijinakkan, dilindungi, tempat perkembangbiakan serta konservasi. Sampai dengan sekarang sudah lebih dari 300 ekor gajah yang dilatih dan tersebar seantero Indonesia. Taman Nasional Way Kambas bisa dibilang mirip dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan perlindungan untuk badak bercula satu.

pict by : www.tourtoindonesia.com

 

2. Air Terjun Putri Malu - Obyek wisata yang satu ini untuk mencapainya membutuhkan tenaga lebih dan tentu melelahkan, jadi tidak banyak wisatawan yang datang berkunjung. Padahal Air Terjun Putri Malu merupakan obyek wisata alam berupa air terjun yang masih alami dan para pecinta alam banyak yang datang kemari untuk sekedar mengambil foto dengan latar belakang alam sekitar air terjun yang mempesona bahkan berenang di bawah air terjun tersebut. Nama air terjun yang unik ini asalnya dari bentuk air terjun tersebut. Apabila kita perhatikan, air terjun bentuknya bengkok seperti orang yang malu-malu. Tinggi Air Terjun Putri Malu mencapai 80 meter, dan yang menarik ketika perjalanan mencapai air terjun ini selain pemandangan alam cantik adalah ditemukannya tanaman stroberi liar yang jika dimakan buahnya terasa asam, tapi segar. Beda dengan stroberi hasil perkebunan yang tentunya memiliki rasa yang lebih manis.

pict by : dimas2016.wordpress.com

 

3. Anak Krakatau - Tempat wisata di Lampung selanjutnya adalah Gunung anak krakatau. Gunung yang satu ini merupakan sisa dari Krakatau besar yang pernah meletus dahsyat pada 1883. Anak Krakatau mempunyai kawah yang masih aktif, ditandai dengan keluarnya asap yang mengepul tampak dari kejauhan. Akan tetapi akses ke lokasi ini terbatas dan butuh izin khusus. Pemandangan di gunung anak krakatau ini sangatlah indah, terutama saat dipagi hari, saat matahari menyinari gunung ini dengan awan-awan yang berada disekelilingnya, view dari anak krakatau ini akan tampak seperti lukisan yang nyata.

pict by : www.wikiwand.com

 

4. Pulau Pahawang - Salah satu taman laut yang terkenal dengan keindahannya ada di Pulau Pahawang. Keindahannya tak hanya terkenal di kalangan turis lokal saja melainkan juga wisatawan mancanegara. Pulau Pahawang mempunyai luas 1.084 hektar, terbagi menjadi 2 pulau yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar. Dari Kota Bandar Lampung pulau ini dapat ditempuh dalam waktu selama 1,5 jam (sampai ke dermaga Ketapang) kemudian lanjutkan perjalanan naik perahu sampai tujuan akhirnya yaitu Pulau Pahawang besar. Bagi anda yang ingin menginap, di sini tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah badan segar di pagi hari, anda dapat melakukan penyelaman, menikmati keindahan taman lautnya. Pulau ini terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

pict by : adrianohg.blogspot.com

 

5. Pantai Pasir Putih - Pantai Pasir Putih adalah salah satu wisata pantai yang dapat menggoda dan menyegarkan mata kita. Pantai Pasir Putih ini terletak di Desa Tarahan, Lampung selatan,untuk jarak tempuh dari kota Bandar Lampung ke pantai ini kira-kira sekitar 20 km dan memakan waktu 20 menit dengan menggunakan kendaraan mobil. Setibanya di Pantai Pasir putih, kalian akan merasakan seolah disambut lukisan alam yang luar biasa. Air laut yang berwarna hijau kebiruan ,pepohonan yang tumbuh di sepanjang pantai dan hamparan pasir putih yang bersih membuat siapa pun tajub dan terpana. Pengunjung pun bisa menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan ataupun mencari objek foto di sekitar Pantai Pasir Putih. Selain itu di sore hari para pengunjung dapat menyaksikan indahnya sun set. Bagi pecinta olahraga air, ada banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan di pantai ini seperti berenang, Kano, dan berpetualang dengan perahu nelayan. Jika kalian ingin menyaksikan karang-karang dan bintang laut, kalian dapat berenang dengan batas tertentu.

pict by : www.pedomanwisata.com

 

6. Pantai Tanjung Setia - Nah jika kalian penggemar surfing alias Pemburu Ombak sejati, jangan lupa untuk kunjungi salah satu spot surf ini di Lampung. Tidak kalah dengan Bali, ternyata Lampung juga punya pantai keren bagi para peselancar. Namanya Pantai Tanjung Setia, destinasi ini bahkan sudah menjadi spot surfing kelas dunia. Pantai Tanjung Setia terletak di pesisir selatan Kabupaten Pesisir Barat, tepatnya ada di Desa Tanjung Setia. Pantai ini sudah terkenal di mata para peselancar mancanegara karena ombaknya yang bergulung-gulung dan sangat cocok untuk olahraga selancar. Ombak di Tanjung Setia memang terkenal di kalangan para peselancar. Bahkan ombak di sini sering disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Levelnya sama dengan ombak-ombak yang ada di lautan Hawaii. Pantas saja jika pantai ini diburu oleh para peselancar dari berbagai negara, meskipun lokasinya agak tersembunyi. Selain ombak yang indah, kalian juga bisa melihat sajian hamparan padang lamun yang kaya akan biota laut seperti berbagai jenis alga, moluska, udang dan lainnya. Itulah sebabnya, selain untuk surfing, pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing untuk warga sekitar, dari mulai ikan hingga gurita. Bahkan apabila kalian memancing ke arah sedikit lebih ke tengah dengan menggunakan kapal, kalian punya kesempatan untuk memancing ikan Blue Marlin yang dalam bahasa lokal diberi nama Iwa Tuhuk. Rekor yang dicatat, pernah ada traveler yang berhasil menangkap ikan Blue Marlin seberat 50 sampai 70 kilogram dan berukuran hingga 170 cm.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top