Item terkait

Minggu, 07 Februari 2016 00:00

PANTAI 3 WARNA DI MALANG

Yang satu ini wajib banget kalian kunjungi!!

Indonesia terkenal memiliki beragam pantai yang indah dan menawan. Salah satunya pantai yang ada di Malang, Jawa Timur ini. Pantai yang dinamakan pantai tiga warna ini memiliki keunikan tersendiri. Kenunikan yang dimiliki adalah pantai ini memiliki 3 warna jika dipandang dari jauh yakni warna merah, hijau, dan biru.Wow! Pantai yang terletak di desa sitiarjo, kevamatan Sumbermanjing Malang ini juga belum begitu terjamah oleh turis. Ini menambah kesempurnaan bagi anda pecinta kedamaian alam yang asri dengan suasana sepi.

Pantai Tiga Warna berada di Wilayah Rehabilitasi Dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang Serta Hutan Lindung Desa Tambakrejo, atau di Daerah Konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang – Jawa Timur. Pantai ini di kelola oleh Bhakti Alam yang anggotanya berasal dari warga desa sekitar pantai.

Tentunya ada penjelasan ilmiah dibalik Pantai 3 warna yang memang memiliki 3 warna ini...Karena pasti diantara kalian ada yang bertanya tanya, mengapa pantai ini bisa berwarna warni :) Berikut penjelasannya!

Sinar matahari sepeti yang kita ketahui terbagi dalam tujuh warna (merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, ultraviolet). Setiap warna mempunyai panjang gelombang masing-masing. Dan kemampuan cahaya untuk menembus air juga tergantung pada seberapa panjang gelombangnya. Semakin pendek gelombang cahaya maka akan semakin besar kekuatannya untuk menembus air. Maka dari itu, cahaya warna merah bakal terserap pada kedalaman kurang dari 20 meter, dan setelah itu keberadaannya tersembunyi atau tidak terlihat. Disinilah mulai muncul kegelapan warna merah. Sementara pada bagian laut yang memiliki warna hijau teripta lantaran adanya lumpur yang diendapkan dekat pantai yang memantulkan warna hijau dan juga karena adanya planton-planton berjumlah besar. Sementara pada lautan yang berwarna biru, hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang bergelombang pendek (sinar biru) dipantulkan lebih banyak dari pada sinar lain.

Nah, mengerti kan? So guys..yang satu ini wajib dikunjungi bukan?

 

 

Scroll To Top