Item terkait

Selasa, 07 Mei 2019 15:08

DAMPAK SURFING DALAM LINGKUNGAN


Berselancar adalah salah satu modalitas yang paling menghubungkan para praktisi dengan alam, tetapi ironisnya, ia juga merupakan salah satu penghancur...


Bahan-bahan yang tidak dapat terurai secara terus-menerus menyertai sebagian besar peselancar, mulai dari papan serat plastik, tutup plastik hingga pakaian selancar yang terbuat dari karet, dan sun block yang merusak karang.

Semakin lama, ada kesadaran yang lebih besar tentang dampak bahan-bahan yang tidak dapat terbiodegradasi terhadap lingkungan, dan dengan itu muncul alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Menurut organisasi Sustainable Surf, ecoboards telah melihat pertumbuhan 1.400 papan terjual pada 2012 menjadi lebih dari 60.000 pada 2018.

Juara selancar dunia 11x, Kelly Slater telah membantu memimpin, memimpin sebagai pemain utama di Firewire Surfboards, pembuat papan ramah lingkungan terbesar di dunia. Namun, ecoboards hanya menyumbang 10-15% dari pasar global, menurut Sustainable Surf's Brett Giddings.

Akhir 1950-an sangat penting bagi industri selancar. Pada saat itulah pabrikan Hobie Alter dan pekerjanya, Gordon "Grubby" Clark, mengembangkan inti-inti papan busa poliuretan, yang dikenal sebagai blanko. Evolusi ini memungkinkan konstruksi papan selancar yang lebih ringan, lebih mudah untuk dibentuk dan lebih responsif dalam air dibandingkan dengan inti kayu yang mereka ganti. Akibatnya, teknologi baru ini telah membantu mempopulerkan olahraga.
 
Tapi yang mengejutkan, pada Desember 2005, tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan, Clark mengumumkan bahwa dia akan menutup bisnisnya dengan mengatasi masalah lingkungan sebagai penyebabnya.

Clark akan menghadapi setidaknya satu tindakan sipil yang mengklaim bahwa bahan kimia yang digunakan di pabriknya bertanggung jawab atas kematian seorang karyawan. Uap poliuretan di pabriknya mengandung toluene diisocyanate atau TDI, produk yang terdaftar di California sebagai karsinogen.

Akhir yang tiba-tiba ini, telah membuka pintu bagi pembuatan papan EPS / epoksi yang meluas, tetapi meskipun bahan-bahan baru tersebut tidak terlalu beracun untuk digunakan, bahan-bahan ini masih menciptakan karbon dioksida dan menghasilkan produk akhir yang tidak dapat terurai secara hayati.

Namun materi juga menawarkan peluang yang lebih hijau. Resin bio-epoksi dapat mengandung lebih dari 50% komponen herbal. Jika resin yang digunakan pada papan menyertakan setidaknya 19% dari komponen biologis, dewan dapat membawa label Surfing Sustainable yang menandainya sebagai "ECOBOARD VERIFIKASI".

Agar memenuhi syarat untuk Tingkat Emas, tingkat atas papan ecoboard, lapisan epoksi luar harus menggunakan resin bio dan inti panel harus memiliki setidaknya 25% produk daur ulang atau sayuran, tetapi penunjukan ini tetap langka. Sebagian besar pembentuk papan selancar belum menerima busa daur ulang karena mengharuskan mereka untuk memodifikasi teknik mereka.

Menurut salah satu pengecer peralatan teknis terbesar di Amerika Serikat, peselancar yang lebih tua dan peselancar biasa umumnya lebih cenderung membeli papan epoksi, sementara peselancar kompetitif muda dan bercita-cita tinggi masih memilih apa yang dipraktikkan oleh kebanyakan praktisi. Namun dalam kedua kasus, dampak lingkungan jarang menjadi bagian dari percakapan.

Di dunia papan selancar ramah lingkungan, Firewire memimpin, dengan legenda Kelly Slater dan Rob Machado , tetapi sebagian besar atlet elit terus menggunakan papan poliuretan, yang mencerminkan persepsi yang terus-menerus bahwa Teknologi tradisional memiliki kinerja yang lebih baik dalam air.
 
Kenyataannya adalah saatnya untuk melihat perubahan dalam industri.

Ada semakin banyak alternatif ekologis, baik dalam penawaran papan selancar dan pakaian selancar, termasuk bahkan merek nasional. Sebagai peselancar, kita harus mulai menghormati lingkungan yang memberi kita momen terbaik yang pernah kita alami dan mulai melihat olahraga, dan pada cara konsumsi kita sendiri, dengan cara yang lebih sadar.

Pilihan kita memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan industri, jadi terserah kita untuk mengambil langkah ini demi pelestarian planet kita dan lautan kita.
  • EN: EN
Scroll To Top