Item terkait

Rabu, 19 April 2017 21:51

SERANGAN FATAL MEMICU PERDEBATAN UNTUK MEMUSNAHKAN HIU DI AUSTRALIA

Australia akan mempertimbangkan semua proposal untuk menghentikan serangan hiu setelah kematian seorang gadis remaja beberapa waktu lalu, kata pemerintah.

Menurut BBC, Laeticia Brouwer, 17, telah diserang secara brutal oleh seekor hiu ketika ia tengah berselancar di Australia Barat. Kematian Laeticia merupakan serangan hiu ketiga yang menyebabkan kematian selama 12 bulan ini.

Menteri Lingkungan Federal Josh Frydenberg mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan usulan baru termasuk pemusnahan, namun tindakan apapun akan bergantung pada keputusan pemerintah nantinya.

"Sehubungan dengan serangan hiu baru-baru ini, Persemakmuran akan menyambut baik berbagai usulan yang menempatkan kehidupan manusia terlebih dahulu," kata Frydenberg.

Ini bisa termasuk penggunaan jaring anti ikan hiu atau bahkan pemusnahan.

 

Bagaimanapun, Pemerintah negara bagian mengatakan bahwa mereka lebih menyukai penggunaan perangkat pribadi, yang dikenal sebagai perisai hiu, untuk pemusnahan atau jalur drum. Setiap proposal pemerintah negara bagian namun pada akhirnya akan memerlukan persetujuan dari federal.

Langkah-langkah yang mungkin dilakukan
     • Pemusnahan - Upaya awal di Western Australia untuk menangkap dan membunuh hiu melibatkan penggunaan garis drum.
     • Drum line - J perangkap yang terdiri dari hook berumpan besar yang menempel pada benda mengambang, yang berlabuh ke dasar laut.
     • Perisai hiu - Perangkat pribadi, menempel pada pergelangan kaki atau papan selancar seseorang, yang memancarkan medan listrik untuk mengusir hiu.
     • Jaring pengeksporan - Kawasan lindung di tempatkan di beberapa pantai yang beberapa alasan dapat diperluas ke lokasi lain.

Departemen perikanan mengatakan bahwa Brouwer diserang oleh hiu putih besar setelah memeriksa foto papan selancar yang rusak.

Pada tahun 2014, negara melakukan uji coba garis drum di 7 pantai. Namun mengundang kontroversi dan dihentikan oleh regulator lingkungan. Saat itu terjerat kurang lebih 170 hiu, namun tidak satupun jenis hiu putih yang tertangkap.

Paman Brouwer, Steve Evans, mengatakan bahwa kerabatnya "sangat patah hati" dengan kematian anaknya.
"Kami merasa nyaman dengan fakta bahwa Laeticia meninggal ketika melakukan sesuatu yang dia cintai," katanya. "Lautan adalah dirinya dan hasrat keluarganya. Surfing adalah sesuatu yang dia cintai dengan ayah dan saudara perempuannya.
"Laeticia akan sangat dirindukan oleh keluarga, teman dan semua orang yang mengenalnya."

Pantai akan tetap ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut. "

  • EN: EN

Scroll To Top