Sabtu, 05 Agustus 2023 07:34

Padang Padang Terbangun Saat Rip Curl Cup Warm Up Session

Surfer Putra Putri Indonesia menorehkan pernyataan kuat pada prolog Main Event

                                                 

Bali, Indonesia – Jumat4 Agustus 2023

 

Ombak Samudra Hindia menyaksikan gelombang mistis di Padang Padang bergemuruh pada Jumat sore untuk Rip Curl Cup Warm-Up yang dipersembahkan oleh Samudera Indonesia, pameran surfing selama tiga jam yang menampilkan 18 dari 24 surfer yang diundang di Kontes Tuberiding di Padang Padang.

 

Set 1.5 meter yang kuat menyerbu terumbu Padang Padang saat air pasang mulai turun di sore hari, tetapi direktur kontes dan para surfer yang diundang setuju bahwa ombaknya tidak cukup besar atau cukup konsisten - juga jendela pasang singkat tidak cukup lama - untuk melaksanakan kompetisi main event Peringatan 20 Tahun Rip Curl Cup Padang Padang yang dipersembahkan oleh Samudera Indonesia.

 

 

Dengan sebagian besar surfer internasional yang diundang sudah berada di Bali untuk "gelombang lampu merah" ini, kru elit pengendara barel kelas dunia surfing dalam tiga divisi terpisah di Padang Padang, surfing selama satu jam di tiap sesi. Tanpa judges. Tanpa ada penilaian skor. Tanpa prioritas. Hanya segelintir spesialis tabung terbaik dunia dan penduduk Padang Padang teratas yang mendorong batas seberapa dalam manusia bisa surfing di dalam tong ombak.

 

Aksi dibuka dengan Grup 1, The Women’s Warm-up, tepat saat Padang Padang mulai menyala di tengah pasang surut. Surfer putri lokal Indonesia Kailani Johnson memberi perhatian dengan penampilan keseluruhan yang mungkin merupakan yang terbaik dari sesi tersebut. Rekan undangan Indonesia Jasmine Studer juga mengklaim sepasang tabung ombak yang mengesankan. Tapi Johnson-lah yang memanfaatkan kesempatan latihan, melakukan begitu banyak perjalanan bagus, dia berkata dia benar-benar kehilangan hitungan.

 

“Segera setelah saya mengetahui bahwa saya menerima undangan ke kontes tahun ini, saya tidak dapat berhenti memikirkan kesempatan ini,” kata Johnson usai sesi pemanasan. “Menampilkan yang terbaik dalam pemanasan memberi saya banyak kepercayaan diri menjelang pertandingan utama. Jika ombaknya sebagus ini untuk pemanasan, maka saya tidak sabar menunggu kontes utama!”

 

 

Di Grup 2, juara bertahan Clay Marzo (Maui, Hawaii) yang mendominasi di air, mengambil tabung ombak yang tak terhitung jumlahnya di sepanjang bagian dalam terumbu karang. Marzo tampaknya mengambil tepat di mana dia tinggalkan tahun lalu di Padang Padang, menghilang di balik tirai air yang sangat dalam dan berat, hanya untuk dimuntahkan sampai ke karang, membuat semua orang yang menonton tidak percaya. Rekan Hawaiian Koa Smith juga dengan ahli terhenti dan berkelok-kelok di ombak setinggi 2 meter yang menganga. Sementara itu, mantan legenda WCT Taj Burrow (AUS) memilih untuk menunggu dengan sabar ombak terbesar dan memukau penonton dengan keterampilan tuberiding punggungnya yang sempurna, menempel ke dinding dengan punggungnya jauh di bawah bayang-bayang beberapa tube hari itu.

 

 

“Saya baru saja menikmati ombak terbaik yang pernah saya dapatkan di Bali!” kata Burrow yang tidak percaya setelah Pertandingan Pemanasan Grup 2-nya. “Saya berada di sini (di Bali) untuk kontes (Rip Curl Pro Search WCT) pada tahun 2008 tetapi saya tidak pernah surfing di Padang Padang dengan kondisi baik seperti ini sebelumnya. Ombak pertama saya hari ini adalah mutlak sebuah permata. Saya masih tidak percaya bisa surfing dengan benar-benar memompa Padang Padang hanya dengan segelintir teman.”

 

Terakhir, di Grup 3, delapan surfer Indonesia di Rip Curl Cup tahun ini mendayung untuk freesurf di jam emas dan membuktikan bahwa mereka sekali lagi akan menjadi bukti kekuatan yang harus diperhitungkan di acara utama tahun ini. Pameran ini menampilkan penampilan luar biasa dari sesama juara dua kali Bol Adi Putra (2004, 2005) dan Mega Semadhi (2013, 2016), serta peserta lokal Boardriders Padang Padang Wayan Plekut.

 

“Rip Curl Cup seperti satu-satunya kontes di mana tabung setinggi 2 meter dapat meludahi karang dan semua orang memutuskan untuk tidak mengikuti kontes tersebut,” canda Bol. “Tapi rasanya sangat menyenangkan mendapatkan tune-up terbaik di Padang Padang yang pernah kami lihat sepanjang tahun ini. Semoga lebih banyak lagi segera berdatangan!”

 

Sementara penantian untuk Peringatan 20 Tahun Rip Curl Cup masih berlangsung, dan juara putra dan putri belum diumumkan, hak untuk menyombongkan diri pasti dipertaruhkan pada Jumat sore saat Sesi Pemanasan.

 

Kerumunan besar berkumpul di pantai dan tebing di Padang Padang, serta para penggemar yang menonton di seluruh dunia melalui Rip Curl x Island Brewing Livestream di YouTube, disuguhi Kelas Master menunggang barel – dan beberapa wipeout brutal – di dunia- kidal yang terkenal.

 

“Ini adalah ombak Padang terbaik yang menghantam Bali selama masa tunggu sejauh ini,” kata Event Director James Hendy, “namun karena berbagai faktor kami ragu bahwa ombak ini akan memberikan ukuran yang cukup untuk kompetisi sehari penuh, dan persis seperti itulah yang dimainkan hari ini. Ini akan sangat luar biasa bagi kami untuk memberikan lampu hijau untuk menyelenggarakan Peringatan 20 Tahun Rip Curl Cup.”

 

Dengan hampir sebulan penuh masih tersisa dalam masa tunggu, yang berlangsung dari 1 Agustus hingga 31 Agustus, sebagian besar kontestan tampak yakin mereka akan mendapatkan “ombak sempurna” untuk memberikan wahana tube-ride yang menakjubkan di Padang dalam waktu dekat.

 

 

“Itulah indahnya memiliki masa tunggu selama sebulan selama puncak musim ombak besar,” kata Mega Semadhi, Juara Rip Curl Cup dua kali. “Kita bisa bersabar dan selektif, dan menunggu ombak yang sempurna. Kami tidak terburu-buru.”

 

Rip Curl Cup Padang Padang 2023 yang dipersembahkan oleh Samudera Indonesia akan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia di ripcurl.com. Fans juga dapat mengunjungi situs tersebut untuk melihat ramalan ombak Padang Padang terbaru, status kontes real-time, dan update video dari Bali.

 

 
Berikut adalah official heat draw dua babak pertama kompetisi putra dan babak pertama kompetisi putri di Padang Padang:
 

 

MEN’S ROUND 1

Heat 1

CLAY MARZO (HAW)

GARUT WIDIARTA (IND)

KOLOHE ANDINO (USA)

MADE ADI PUTRA (IND)

 

Heat 2

MEGA SEMADHI (IND)

MIGUEL BLANCO (PRT)

RADITYA RONDI (IND)

NATHAN HEDGE (AUS)

 

Heat 3

MASON HO (HAW)

MUSTOFA JEKSEN (IND)

TAJ BURROW (AUS)

TOMMY SOBRY (IND)

 

Heat 4

MEGA ARTANA (IND)

DYLAN WILCOXEN (USA)

AGUS SUMERTAYASA (IND)

KOA SMITH (HAW)

 

MEN’S ROUND 2

Heat 1

DYLAN WILCOXEN (USA)

MUSTOFA JEKSEN (IND)

MIGUEL BLANCO (PRT)

MADE ADI PUTRA (IND)

 

Heat 2

TOMMY SOBRY (IND)

CLAY MARZO (HAW)

MEGA ARTANA (IND)

NATHAN HEDGE (AUS)

 

Heat 3

KOA SMITH (HAW)

RADITYA RONDI (IND)

TAJ BURROW (AUS)

GARUT WIDIARTA (IND)

 

Heat 4

AGUS SUMERTAYASA (IND)

MASON HO (HAW)

MEGA SEMADHI (IND)

KOLOHE ANDINO (USA)

 

WOMEN’S ROUND 1

Semifinal 1

ERIN BROOKS (CAN)

LIDIA KATO (IND)

ZIGGY MACKENZIE (AUS)

JASMINE STUDER (IND)

 

Semifinal 2

SIERRA KERR (AUS)

KAILANI JOHNSON (IND)

SKY BROWN (ENG)

TAINA IZQUIERDO (IND)

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top