Item terkait

Senin, 20 Januari 2020 15:41

DUA PULAU DI INDONESIA TENGGELAM KARENA NAIKNYA PERMUKAAN LAUT

Naiknya permukaan laut sebagai akibat dari perubahan iklim sudah menjadi kenyataan dan buktinya ada di negara kita Indonesia.

Negara Asia Tenggara yang terdiri dari ribuan pulau vulkanik telah mengalami dua pulau menghilang, sementara empat lainnya sudah di ambang menghilang, kata Forum Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Kepulauan Betet dan Gundul, yang tidak berpenghuni, masing-masing sekarang tenggelam satu meter dan tiga meter di bawah permukaan laut, kata direktur eksekutif Walhi Sumatra Selatan, Hairul Sobri, mengatakan bahwa salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari pulau tersebut. Taman Nasional Berbak-Sembilang, menurut Jakarta Post.

Hairul Sobri juga memperingatkan bahwa empat pulau lain di daerah itu dengan ketinggian di bawah empat meter di atas permukaan laut, Pulau Burung, Pulau Kalong, Pulau Salah Namo dan Pulau Kramat, mungkin juga akan hilang jika tidak ada upaya signifikan untuk berurusan dengan naiknya samudera.

The Jakarta Post melaporkan bahwa, menurut Forum Lingkungan Hidup Indonesia, negara tropis seperti Indonesia paling rentan terhadap efek pemanasan global, terutama di Sumatra selatan, di mana orang-orang sangat bergantung pada batu bara, minyak dan gas alam, dengan demikian berkontribusi pada emisi gas rumah kaca.

  • EN: EN
Scroll To Top