Item terkait

Jumat, 04 Oktober 2019 15:44

CARA-CARA AGAR TIDAK TENGGELAM

Berada di dalam air itu menyenangkan, tetapi juga bisa berbahaya

Lebih dari 372.000 orang setiap tahun dan merupakan penyebab terbesar ke-3 dari kematian yang tidak disengaja di dunia, kedua untuk anak-anak. Kebanyakan tenggelam terjadi di danau air tawar, sungai, sungai, pantai, dan kolam renang.

Ketika air memasuki paru-paru seseorang, mereka mulai tenggelam. Tubuh panik dengan menutup otot-otot trakea, yang menyebabkan tenggorokan menutup ... yang membuat hampir mustahil bagi seseorang untuk berteriak minta tolong.

Bagaimana Anda tahu ketika seseorang tenggelam?

Anda biasanya akan melihat kepala mereka diposisikan rendah di air ketika mulut mereka berada di dekat permukaan air. Mata mereka biasanya akan diam tanpa gerakan apa pun.
 
Bagaimana cara menyelamatkan orang yang tenggelam?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan benda seperti tiang, tali, pelampung, atau tongkat panjang sehingga Anda dapat meraih orang dari pantai. Jika ini tidak berlaku untuk situasi dan melompat adalah satu-satunya pilihan Anda, temukan benda yang mengapung sebelum Anda melompat. Alasannya adalah bahwa jika Anda mencoba menyelamatkan seseorang yang tenggelam dan panik, Anda mungkin menjadi korban ketika mereka meraih Anda.

Saat mendekati korban, cobalah untuk menjangkau mereka dari belakang sehingga mereka tidak bisa menangkap Anda saat panik.
 
 
 
Cara agar kamu tidak tenggelam
 
1. Jangan Panik
 
sikap panik hanya akan membuat pikiranmu semakin stress. Panik juga secara langsung membuat kaki dan tangan kita bergerak-gerak tak beraturan dan itu membuat kita kehilangan banyak energi dan bisa berakibat kita kelelahan di air dan menyerah untuk tenggelam.
 
2. lakukan aktifitas air (renang, surfing, dll) bersama teman.
 
Bila kamu tipe yang suka menyendiri, sebaiknya kecualikan hal tersebut untuk urusan aktifitas air. Melakukan aktifitas air bersama seseorang atau teman memnbuat kamu bisa dapat saling menjaga dan menolong.
 
3. Waspadai kemampuan Anda,
 
Mengerti akan kemampuan anda sangatlah penting. Selain itu penting juga untuk mengetahui kemampuan orang-orang yang berenang bersama Anda. Pastikan bahwa perenang yang lemah dilengkapi dengan perangkat pengapungan. Penting juga untuk mengetahui apakah ada teman Anda yang memiliki gangguan kejang. Kejang saat berada di dalam air bisa sangat berbahaya, dan sangat meningkatkan kemungkinan tenggelam.
 
4. Ketahui faktor risiko yang terkait dengan lingkungan tempat Anda berenang.
 
Jangan pernah menyelam ke air yang tidak dikenal. Cahaya yang dibiaskan melalui air dapat merusak lokasi atau penampakan bebatuan atau daerah dangkal yang dapat menjadi bahaya serius saat menyelam. Selalu periksa kondisi lokal, air yang mengalir tinggi, riptida, dan suhu dingin bisa berbahaya bagi perenang.
 
 
 
Noted : Surfer juga bisa terancam tenggelam jika tali pengikat pada kaki dan papan terlepas. Selalu maksimalkan tubuh dan stamina kita sebelum berselancar.

  • EN: EN
Scroll To Top