Item terkait

Minggu, 03 Maret 2019 20:17

DAMPAK NEGATIF ALKOHOL BAGI SURFER

Jika kamu berniat untuk menjadi peselancar pro, maka satu hal yang sudah wajib harus dihindari adalah alkohol.

Surfing kini diidentikkan sebagai gaya hidup masa kini yang tidak jauh dari pesta, rokok dan Alkohol. Tak jarang kita melihat surfer pro ataupun amatir berkumpul sambil berpesta alkohol. 

Kita semua tahu bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan dan juga tubuh kita. Dan sebagai seorang surfer kita harus sadar bahwa konsumsi nutrisi yang tidak tepat dapat mempengaruhi performa surfing kita di line up. Dan alkohol, adalah salah satu hal yang dapat merusak performa surfing kita.

Secara singkat, terdapat beberapa dampak buruk alkohol bagi peselancar.

1. Alkohol membuat semua usaha dalam mengembangkan kondisi fisik menjadi sia-sia. Hal ini tentu tidak hanya berlaku bagi seorang surfer. Jika kalian sedang ingin menguatkan otot-otot di tubuh kalian maka konsumsi alkohol akan menggagalkan semuanya. Otot kalian tidak akan berkembang lebih kuat dan bahkan dapat menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

 

2. Alkohol akan memperlambat waktu recovery otot Kalian. Seorang surfer tentu membutuhkan waktu yang cepat untuk kembali ke kondisi primanya agar dapat melanjutkan surfingnya dan meningkatkan kemampuan fisik. Alkohol akan merusak semua itu. Kalian akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai kondisi prima jika mengkonsumsi alkohol.

3. Alkohol akan mengurangi energi yang dapat diproduksi tubuh. Alkohol yang dikonsumsi akan masuk ke setiap sel tubuhmu dan merusak kesetimbangan cairan di dalam sel. Hal ini menyebabkan produksi energi yang menjadi kebutuhan otot dalam beraktifitas juga menjadi berkurang.

4. Alkohol merusak pola pikirmu. Konsumsi alkohol akan membuat otak Kalian tidak dapat bekerja secara optimal. Dalam sebuah penelitian, jika anda mengkonsumsi alkohol pada satu hari sebelum atau satu hari setelah berselancar, otak kalian tidak akan dapat berpikir secara penuh. Alkohol merusak persepsi risiko Anda, dan kemampuan Anda sendiri. Dengan kordinasi yang kurang akurat mengalir ke otak, Anda tidak diperlengkapi dengan baik untuk membuat keputusan yang tepat ketika berselancar.

5. Alkohol merusak siklus tidur. Tidur menjadi bagian yang tidak kalah penting bagi keseharian seorang surfer. Tidur yang baik akan dapat menghasilkan performa yang baik pula di esok harinya. Konsumsi alkohol pada 6 jam sebelum tidur, akan merusak siklus tidur seseorang.

 

Mengkonsumsi alkohol sebetulnya sah-sah saja. Asalkan tidak berlebihan serta bukan dengan niat lain seperti ingin relax, mabuk dan lain sebagainya. Jika kamu berpikir ingin menjadi seorang surfer pro, adaik baiknya tak menyentuh minuman beralkohol dan fokus dengan pelatihanmu menuju surfer professional dari sekarang.

 

  • EN: EN
Scroll To Top