Minggu, 27 Januari 2019 14:07

BERAPA USIA IDEAL UNTUK MEMULAI BERSELANCAR?

Berapa usia minimum untuk mulai berselancar?


Masalah ini relevan dan masuk akal karena ada semakin banyak peselancar kecil yang tersebar di beberapa pantai Indonesia. Berdiri di atas papan selancar untuk pertama kalinya, atau melakukan manuver radikal, adalah prestasi yang tak terlupakan bagi anak mana pun.

Namun, sebelum kami mengiyakan anak-anak menjelajah ombak, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus diambil dan memiliki beberapa informasi penting, seperti usia yang tepat untuk mulai berselancar. Jadi, bagi setiap orang tua, untuk mendekati berbagai tahap berselancar, selalu perhatikan perkembangan anak. Sebelum mengizinkan anak anda berselancar, sebaiknya perhatikan 3 poin dibawah ini.

 

1) Lingkungan ke Lingkungan Perairan

Idealnya, anak harus terbiasa dengan lingkungan air di kolam renang. Ini dapat dimulai antara usia 6 bulan (ketika sistem kekebalan bayi sudah berkembang) dan berusia 4 tahun, meningkatkan pengembangan kemampuan fisik dan kepercayaan diri dalam kontak dengan air.

 
2) Inisiasi untuk latihan renang

Beberapa ahli menunjukkan bahwa sejak usia 4 tahun sistem alat gerak sudah cukup berkembang untuk mulai berenang. Setelah usia 4 tahun, anak-anak memiliki kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan yang cocok untuk berenang.


3) Mulai kelas Berselancar

Setelah memiliki pengalaman dengan air, kepercayaan diri dalam berenang, anak dapat mulai menghadiri kelas-kelas Surf. Atau mengangkat guru privat, di mana permainan dan latihan lebih diatur dan disiplin untuk latihan. Teknik berselancar mulai dikerjakan dan ditingkatkan secara progresif. Pada tahap ini, dukungan dan keamanan emosional adalah kunci untuk kemajuan anak.
 
Dengan beragam pengalaman dan pemupukan keberanian, idealnya saat anak berusia 6 tahun mereka sudah mulai bisa berselancar. Dimana mereka telah memiliki kemampuan fisik dan kinerja otak yang lebih matang. Dan ingat, pengawasa tinggi harus terus dilakukan ketika anak-anak surfing.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top