Item terkait

Senin, 17 Desember 2018 13:23

INILAH DIA HIDANGAN UNGGULAN KHAS NATAL DARI BERBAGAI DAERAH INDONESIA

Natal segera tiba. Para umat Kristiani pun bersukacita menyambut kedatangan hari kelahiran sang juru selamat.

Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas penduduk yang beragama muslim, lebih dari 80% menganut agama Islam. Meskipun yang merayakan natal minoritas penduduk Indonesia, namun perayaanya merupakan hari libur yang sangat dinantikan bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena peringatannya berdekatann dengan hari libur akhir tahun.

Seperti perayaan hari besar lainnya di Indonesia, dalam perayaan Natal tentunya ada beberapa kudapan khas yang wajib ada pada selebrasi yang hanya di rayakan satu tahun sekali ini. Indonesia memiliki banyak sekali cita rasa dan jenis kuliner. Di setiap daerah pasti memiliki kudapan andalan khas untuk di hari Natal.

Berikut beberapa jenis makanan Khas dari berbagai daerah yang wajib ada pada saat Natal.

 

1. Ikan Kuah Kuning khas Ambon

Di Ambon terdapat masakan khas Natal yang wajib dicoba, yaitu ikan kuah kuning. ikan yang di masak bersama bumbu rempah rempah Indonesia ini biasanya disajikan pedas dan disantap dengan papeda. Ikan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan muba dengan kunyit dan kapur. Rasanya segar dan nikmmat. Amis dari ikan tak terasa karena sentuhan rempah-rempah yang terlumur gurih membumbui ikan.

 

2. Ayam Budu Budu khas Makassar

Kota Makassar juga mempunyai makanan khas Natal, namanya ayam budu-budu. Hidangan ini dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Aromanya dijamin membuat kamu semakin lapar. Masakan Natal ini terdiri dari potongan ayam, air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

 

3. Kue Bagea

 

Bukan hanya masakan saja, kue pun menjadi santapan yang wajib ada saat Natal. Kue Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Dengan menggunakan banyak bahan dan rempat-rempat membuat cemilan ini terasa lezat dan pas di padukan dengan teh atau kopi.

 

4. Kue Poporcis khas Ambon

Jika ikan kuah kuning dijadikan untuk santapan di malam Natal, kali ini kita akan membahas menu sarapan yang disajikan di hari Natal. Makanan itu bernama kue poporcis. Sebagian penduduk Ambon akan mengubah menu paginya dengan kue poporcis atau yang kerap disebut juga poffertjes. Kue mirip pancake ini terbuat dari labu kuning dicampur terigu.

 

5. Kue Lapet khas Tapanuli

Kue ini biasanya menjadi hidangan khas perayaan Natal di Tapanuli. Lapet merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan campuran kepala parut dan gula, dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk menyerupai piramida.

 

Merayakan natal bersama orang terdekat adalah sebuah anugerah. Bagi umat kristiani, natal adalah hari kelahiran Sang Juruselamat. Oleh karena itu, mereka akan merayakannya dengan bahagia dan penuh syukur. Ada yang beribadah bersama di gereja, tukar kado, sampai dengan acara makan-makan.

*Jika Anda mengambil referensi dari artikel ini, mohon kerendahan hatinya untuk mencantumkan link sumber ini: https://bacaterus.com/makanan-khas-natal-di-indonesia/
  • EN: EN
Scroll To Top