Item terkait

Selasa, 19 Jun 2018 04:16

SAMPAH DAN MANUSIA BERSATU DI PANTAI CARITA

Keharmonisan puing-puing sampah dan kerumunan manusia tampak nyata di pantai yang populer di Banten ini..

Sungguh miris melihat kenyataan betapa kotornya pantai-pantai di sepanjang daerah Carita, Banten. Salah satunya Pantai Lagundi Carita. Pantai yang begitu populer digandrungi masyarakat dari Jakarta, Tangerang dan sekitarnya ini terbengkalai dibiarkan kotor dengan fenomena ribuan sampah berserakan menghiasi pasir dan perairan pantai. 

Terlebih di musim liburan saat ini dimana Pantai Carita menerima banyak pengunjung yang tak hanya dari Jakarta, tetapi juga dari luar Jakarta. Maka sampah-sampah berserakanpun semakin membludak.

Gambar diatas menunjukkan betapa sampah benar-benar mengancam kelestarian Pantai dan Laut Carita. Kalau sudah begini, siapa yang harus disalahkan?

Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya sungguh masih sangat minim. Kami melihat realita betapa mudahnya orang-orang meninggalkan sampah mereka di atas pasir begitu saja. Semakin miris ketika melihat bak sampah yang disediakan malah kosong melompong.

Para pelancong yang membuang sampah sembarangan adalah salah satu faktor banjirnya sampah di pantai ini. Ditambah lagi pengurusan pantai oleh panitia setempat yang juga sepertinya cuek dengan masalah ini. Dibuktikan dengan tidak ada pengerahan petugas kebersihan di sekitar pantai, dan kurang banyaknya bak-bak sampah yang disediakan. Padahal harga tiket masuk yang dikatakan cukup fantastis yakni 100 ribu untuk mobil pribadi dan 800 ribu untuk bus bisa beberapa persennya bisa dialokasikan untuk pengurusan sampah. Bukan begitu?

Lalu apa yang harus dilakukan?

Hal ini tidak boleh terus menerus dibiarkan. Pembenahan harus dimulai dari masyarakat lokal di sekitar Pantai Carita yang harus mengerti untuk stop membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan pantai. Berikan contoh kepada pendatang atau wisatawan bahwa Carita adalah pantai yang bersih. Mungkin perlu penggalakan dari pihak lokal Pantai Carita untuk memberikan sangsi kepada turis atau pelancong yang berani membuang sampah sembarangan dengan catatan dari warga lokalnya pun sendiri harus berubah.

Seperti contoh di pantai Batukaras, Jawa Barat. Pantai tersebut memiliki banyak pengunjung dan merupakan pantai yang populer di Jawa Barat. Namun masyarakat lokal begitu peduli dengan kebersihan pantai, dan mengajak pengunjung untuk menjaga kebersihan pantai tersebut dengan banyaknya tempat sampah yang disediakan. Di pantai Batukaras juga rutin diadakan "beach clean up" sehingga pantai Batukaras selalu bersih dari sampah meskipun dibanjiri pengunjung.

Selain itu gerakan dari pihak pemerintah daerah juga sangat diperlukan. Karena bagaimanapun, Pantai Carita merupakan salah satu sumber pemasukan daerah yang harus dijaga kelestariannya. Jika keadaan terus seperti itu, kami yakin akan tidak ada pengunjung yang mau datang ketempat itu lagi.

 

 

 

  • EN: EN
Scroll To Top