Senin, 09 Maret 2020 08:12

RIBUAN PANTAI DI SELURUH DUNIA MENGHILANG. BAGAIMANA BISA?

Menurut laporan CNN pada studi yang baru-baru ini dirilis dalam jurnal Nature Climate Change, permukaan laut terus meningkat dan ribuan pantai di seluruh dunia akan menghadapi masalah erosi.

Studi tersebut mengatakan Australia kemungkinan akan menjadi negara dengan garis pantai paling terkena dampak, dengan setidaknya 1100 mil garis pantai, sekitar 50% dari seluruh pantai berpasir negara itu, terancam pada tahun 2100.

Negara lain yang mungkin memiliki bentangan pantai besar adalah Chili, Cina, Amerika Serikat, Rusia, Meksiko, dan Argentina.

Para peneliti menemukan bahwa jika pemerintah di seluruh dunia mampu mempertahankan pengurangan polusi sederhana dari gas rumah kaca, 17% dari kehilangan pantai yang diproyeksikan pada tahun 2050 dapat dihindari, sebuah angka yang akan meningkat menjadi 40% pada tahun 2100 jika gas rumah kaca terbatas.

"Dengan berusaha memenuhi tujuan perjanjian Paris, kami dapat mengurangi 40% dampak yang kami proyeksikan dalam studi kami," kata ilmuwan Vousdoukas kepada majalah Nature Climate Change.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top