Item terkait

Selasa, 05 Jun 2018 18:53

MEMPERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA, APA YANG SUDAH KAMU LAKUKAN?

Stop gunakan plastik!! sekiranya inilah hal yang paling inti kita harus lakukan.

Hari lingkungan hidup sedunia atau World Environment Day jatuh pada hari Selasa, 5 Juni. Setiap tahunnya tanggal ini selalu diperingati oleh seluruh Negara di berbagai belahan dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan pada tahun 1972 yang kala itu diusulkan oleh Jepang dan Senegal dalam konferensi pertama PBB tentang lingkungan hidup pada saat itu. Konferensi digelar pada 5 hingga 16 Juni 1972, maka dari itu tanggal 5 pun dipilih sebagai tanggal peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia. Konferensi kala itu digelar lantaran melihat keadaan di dunia yang begitu carut marut. Seperti adanya kabut asap yang melanda berbagai negara di Eropa, kemudian penyakit minawaba yang menular di Jepang dan beberapa keacakadutan lainnya. Lalu juga masih terjadinya pembakaran hutan besar-besaran, pembuangan limbah pabrik yang mencemari lingkungan, penggunaan plastik yang mengkhawatirkan dan lain sebagainya membuat seluruh petinggi Negara di seluruh dunia harus bertindak.

Lalu, apakah paska hari konferensi tersebut dunia berubah?

Perubahan tentunya ada, meskipun belum sepenuhnya dunia terhindar dari ancaman kerusakan lingkungan. Meski begitu masih banyak individu, maupun instansi yang tanpa sadar masih mencemari lingkungan dan terus menerus merusaknya. Tidak usah jauh-jauh melihat ke begara lain, di negara kita sendiri saja pemerintah belum sanggup memproses sampah secara baik dan benar. Masyarakatpun kebanyakan masih cuek dengan slogan "BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA" dan masih banyak yang kurang paham betapa pentingnya membuang sampah sesuai tempatnya. Ada juga Limbah pabrik masih saja dibuang ke sungai ataupun laut yang tentunya sangat berimbas pada kelangsungan hidup makhluk yang ada di dalamnya dan juga kita manusia. Kemudian yang lebih gawat lagi, penggunaan plastik yang super duper berlebihan. Tahukah kamu kalau negara kita ini adalah termasuk 3 besar penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia? Malu gak sih?

Diantara itu semua mungkin plastik lah yang paling serius harus diatasi. Data PBB mencatat setiap tahunnya terdapat 5 triliun kantong plastik yang digunakan di seluruh dunia. Sebanyak 13 juta ton sampah plastik menjadi polusi di lautan. Akibatnya sebanyak 100 ribu hewat di laut terbunuh setiap tahun. Sementara itu, perlu waktu hingga 100 tahun agar sampah plastik dapat terurai.

Nah guys, untuk kamu-kamu yang ingin berpartisipasi untuk mensukseskan Hari Lingkungan Hidup Sedunia gak usah yang susah-susah dulu deh. Cukup batasi penggunaan kantong plastik dan kalau bisa say NO untuk plastik apalagi single use plastik seperti sedotan. Terus, ditanam deh di otakmu untuk selalu buang sampah pada tempatnya dan pisahkan sampah yang kira-kira bisa didaur ulang seperti botol plastik, kardus dll serta kemudian kamu bisa berikan ke tempat penampungan sampah daur ulang di sekitar rumahmu.

 

usulan agar adanya Hari Lingkungan Hidup Sedunia diajukan oleh Jepang dan Senegal dalam Konferensi Stockholm, yang merupakan konferensi pertama PBB soal lingkungan hidup manusia pada 1972. Konferensi berlangsung di Stockholm, Swedia, pada 5-16 Juni 1972. Akhirnya, keputusan akhir Konferensi Stockholm, salah satunya menyepakati penetapan 5 Juni, yang merupakan tanggal pembukaan konferensi, sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Juni Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bagaimana Sejarah Penetapannya pada 1972?", https://nasional.kompas.com/read/2018/06/05/07173781/5-juni-hari-lingkungan-hidup-sedunia-bagaimana-sejarah-penetapannya-pada.
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
  • EN: EN
Scroll To Top