Minggu, 29 April 2018 16:55

TAHUKAH KAMU MENGAPA WARNA BOLA MATA MANUSIA BERBEDA?

Warna mata pada manusia bersifat genetik.

Ada hijau, biru, coklat terang, abu-abu, hitam dll. Mungkin warna-warna diatas yang sering kita lihat pada manusia. Bukan karena pakai lensa kontak tapi ya, melainkan warna asli dari bawaan sejak lahir. Biasanya, mata biru dan hijau dimiliki oleh orang-orang kulit putih alias kaukasian, sementara mata cokelat dan hitam adalah khas orang Asia. Kenapa warna mata setiap orang bisa berbeda?

Warna mata manusia tergantung pada jumlah sel-sel melanosit  pada iris mata dan bagaimana persebarannya. Sel-sel melanosit ini akan menghasilkan melanin yaitu sejenis pigmen yang dapat ditemukan pada mata yang memberi warna pada iris mata.

Iris mata terdiri dari beberapa lapisan antara lain lapisan depan dan lapisan  stroma yang merupakan bagian penting yang menentukan penampakan warna mata.

Pigmentasi iris mata bervariasi dari cokelat terang sampai hitam tergantung dari jumlah melanin pada epitelium pigmen yang terletak di bagian belakang iris, jumlah melanin pada stroma, dan kepadatan sel di stroma. Pada iris mata yang berwarna cokelat, terdapat melanosit dan melanosom yang melimpah di epitelium pigmen dan stroma. Sementara itu, pada iris mata yang berwarna biru, lapisan tersebut mengandung sedikit melanin.

Penampakan warna mata biru, hijau, dan hazel merupakan hasil dari hamburan Rayleigh pada cahaya di stroma, sebuah fenomena yang mirip dengan penyebab langit berwarna biru. Hamburan Rayleigh sendiri dapat dipahami sebagai hamburan elastis cahaya atau radiasi elektromagnetik lainnya oleh partikel yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya.

Baik pigmen biru maupun hijau tidak pernah ada pada iris manusia maupun cairan mata. Dengan demikian, warna mata merupakan warna struktural dan bervariasi tergantung pada kondisi cahaya, terutama untuk warna mata yang terang. Warna struktural sendiri dihasilkan dari permukaan struktur mikroskopis yang dapat mempengaruhi cahaya tampak yang kadang berkombinasi dengan pigmen.

Untuk lebih dapat memahami warna struktural kita bisa melihat bulu pada ekor merak yang memiliki pigmen cokelat tetapi strukturnya membuatnya terlihat tampak berwarna biru, toska, hijau, atau warna-warni.

Sebagai informasi tambahan, warna mata ini merupakan sifat yang diwariskan kepada keturunan. Sekarang sudah tahu kan mengapa warna mata manusia bisa berbeda-beda?

Nah sudah tahu kan mengapa warna bola mata manusia beragam :)

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top