Selasa, 06 Maret 2018 17:08

SINAR MATAHARI TIDAK SELALU SAMA, TERGANTUNG PADA WAKTUNYA

Dapatkan sinar matahari terbaik yang mencukupi kebutuhan vitamin D mu..

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa matahari dapat memberikan manfaat berupa vitamin D. Selain itu, sinar matahari langsung ternyata dapat membantu menurunkan risiko kanker termasuk melanoma atau kanker kulit. Namun, yang patut kita ingat, jangan terpapar radiasi ultraviolet secara berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

Ada tiga jenis radiasi UV (ultraviolet) yang dipancarkan matahari, namun hanya UVA dan UVB yang berpengaruh pada tubuh manusia. Meskipun membantu dalam membentuk sintesis vitamin D bagi tubuh, paparan radiasi UV secara berlebihan menjadi penyebab kulit terbakar dan bahkan kanker kulit.

Agar terhindar dari risiko negatif  dari pancaran sinar UV matahari, kita harus memerhatikan jenis dan pigmentasi kulit, serta memilih waktu yang tepat. Untuk kalian yang berkulit lebih putih disarankan untuk tidak berlama-lama di bawah sinar matahari agar terhindar dari kulit terbakar. Sebaliknya, jika kulitmu gelap, kalian bisa sedikit lebih lama di bawah sinar matahari.

Menghabiskan waktu terlalu banyak di bawah sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi dan bahkan heat stroke yaitu kondisi tubuh yang terlalu panas sehingga menyebabkan dehidrasi berat sehingga menyebabkan pingsan.

 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari?

Kita perlu memperhatikan durasi di bawah paparan sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi tubuh, disarankan untuk menghabiskan waktu sekitar 20 hingga 60 menit di pagi dan sore hari. Lalu bagaimana dengan sinar matahari siang? Tidak perlu khawatir bila kita tidak bisa menghindari teriknya matahari siang. kita tetap bisa mendapatkan manfaatnya asalkan tidak terlalu lama terpapar matahari. Dalam rentang waktu lima hingga sepuluh menit, kita tetap bisa mendapatkan manfaat dari matahari siang.

Selain memilih waktu, pakaian yang kalian kenakan juga merupakan faktor penting dalam mendapatkan manfaat matahari yang maksimal bagi tubuh. Pakaian tebal tidak hanya membuat kita merasa lebih panas di bawah terik matahari, namun juga mencegah masuknya sinar matahari menuju kulit. Memilih pakaian dengan bahan katun tipis serta cerah dapat membantu kulit menyerap cahaya matahari dan menghindarkan Anda dari heat stroke.

Sedangkan untuk kita pemburu ombak, sangatlah disarankan untuk berselancar di pagi dan sore hari. Selain mendapatkan manfaat matahari yang terbaik, sekaligus berolahraga selancar yang menyehatkan.

 

 

 

 

Di artikel selanjutnya, kami akan membahas manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan!

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top