Minggu, 25 Februari 2018 19:36

INILAH MAKANAN YANG MENGANDUNG BAKTERI BAIK

Tidak semua bakteri itu berbahaya.

Mendengar kata bakteri, yang terlintas di otak kita tentunya adalah sesuatu yang menyebabkan kita sakit. Tapi jangan salah, tidak semua bakteri berbahaya. Bakteri dapat membantu kita melengkapi nutrisi dan mencegah berbagai penyakit sistem pencernaan. Yang itu artinya, bakteri juga ada yang baik.

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung bakteri baik yang patut kamu konsumsi.

 

1. Yogurt

 

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri asam laktat. Yogurt berfungsi untuk menjaga kesehatan karena mengandung berbagai jenis vitamin. Yogurt juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bakteri yang terdapat pada yogurt merupakan golongan Lactobacillus.

 

2. Nata de coco

 

Nata de coco merupakan produk hasil fermentasi dari air kelapa yang sudah tua. Fermentasi nata de coco ini melibatkan bakteri Acetobacter xylinum. Bakteri ini dapat mengubah air kelapa menjadi serat putih. Nata de coco ini mengandung mineral dan vitamin yang berguna bagi tubuh. Jadi, sepantasnya kalian mengkonsumsi makanan yang satu ini. Tapi awas, jangan yang mengandung banyak gula ya!

 

3. Asinan   

 

Asinan merupakan sayuran atau buah yang diawetkan dengan fermentasi asam. Bakteri yang digunakan untuk memproduksi asinan adalah Lactobacilus sp., Streptococcus sp., dan Pediococcus. Makanan yang juga biasa disebut acar ini juga memiliki manfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh,menyehatkan mata, kaya akan vitamin dan mineral.

 

4. Terasi

 

Terasi terbuat dari udang dan ikan yang difermentasi. Terasi ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan sambal. Proses pembuatan terasi ini juga melibatkan bakteri. Bakteri yang terlibat di antaranya Bacillus, Micrococcus, Corynebacterium dan Flavobacterium.

 

 

5. Keju

 

Sama seperti yogurt, keju merupakan produk olahan dari susu. Keju ini terbuat dari proses fermentasi oleh bakteri asam laktat seperti bakteri golongan Lactobacillus dan Streptococcus. Keju juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan tulang dan gigi. 

 

6. Tempe, miso ataupun makanan fermentasi

Orang Indonesia biasanya sudah mengonsumsi produk fermentasi berupa tempe dan kecap asin dalam makanan sehari-hari mereka. Sedangkan miso sering ditemukan dalam makanan Jepang. Produk fermentasi ini mengandung bakteri hidup.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top