Selasa, 23 Januari 2018 23:48

MULAILAH BEBASKAN DIRIMU DARI PLASTIK!!!

Di tahun 2018 ini, tidak ada hal yang lebih baik lagi daripada mulai membebaskan dirimu dari plastik!

Dengan plastik yang digunakan dan dibuang pada hari, jam dan bahkan detik yang sama setelah penggunaan yang sebagian besar dari itu tidak dapat didaur ulang, bahan yang tidak dapat dihancurkan ini menghancurkan planet kita dan membunuh makhluk-makhluk di bumi. Ini salah KITA!

12 juta ton plastik masuk ke lautan kita setiap tahun, itu setara dengan satu truk sampah yang penuh dengan plastik yang dibuang ke laut setiap menitnya. Plastik tidak didaur ulang - Dengan hanya 9% dari semua plastik yang pernah diproduksi didaur ulang, selebihnya membuat jalan ke tempat pembuangan sampah dengan banyak kesempatan untuk lolos ke lingkungan dan berakhir di laut.

Bebas plastik mungkin tampak seperti tugas menakutkan tapi benar-benar sangat mudah dan hanya dengan memikirkan beberapa hal yang kalian beli setiap hari, Kalian dapat secara drastis mengurangi konsumsi plastikmu secara instan!

Berikut ini beberapa tips untuk membebaskanmu dari penggunaan plastik!

1. Gunakan/bawa botol alumunium kemanapun kamu pergi. Jika hendak membeli minuman, kamu tidak perlu menggunakan gelas plastik dari kedai kopi ataupun kedai minuman itu. Perlu kamu ketahui, Botol plastik memakan waktu kira-kira 450 tahun untuk membusuk. Wah itu sama dengan kita sudah mati, tinggal cucu cicit kita yang kena imbasnya.

2 Stop penggunaan sedotan! betapa mirisnya sampah sedotan plastik begitu banyak bergelimpangan di lautan. Terlebih lagi sedotan tersebut hanya digunakan untuk satu kali pakai dan terurai beratus-ratus tahun lamanya. Jika kamu bergantung dengan sedotan, gunakan sedotan melamin yang kamu bawa selalu di dalam tas mu!

3. Selalu siapkan tempat makan, tempat minum dan sendok garpu melamin yang dapat kamu pakai berkali-kali tanpa menggunakan alat makan plastik yang sekali pakai langsung buang. Jika kamu datang le sebuah tempat dan ingin membeli semangkuk bakso dan membawanya pulang, say NO untuk membungkusnya dengan plastik. Bawalah tempat makanmu dan kamu sudah membantu menyelamatkan bumi!

4. Selalu bawa tas/kantong lipat yang bisa kamu masukkan ke dalam tas mu untuk berjaga-jaga jika suatu saat kamu tiba-tiba berbelanja ke supermarket ataupun toko lainnya, tanpa harus membawa kantong plastik dari toko tersebut.

5. Kampanyekan beberapa tips diatas ke sahabat atau saudara terdekatmu!

 

Satu hal yang perlu kita ketahui jika kecenderungan ini terus berlanjut, tidak dipungkiri bahwa pada tahun 2050, jumlah volume sampah plastik di laut akan lebih besar daripada populasi ikan.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top