Item terkait

Rabu, 17 Januari 2018 21:36

APA YANG AKAN TERJADI JIKA KARANG - KARANG DI LAUTAN MATI?

Karang-karang di lautan bukan sekedar batu. Kita manusia benar-benar harus bersatu untuk kelangsungan hidup karang di lautan.

Apakah yang akan terjadi jika karang di lautan mati?

Kenaikan suhu air laut membunuh banyak koral di berbagai belahan lautan di planet ini. Ketika semua karang tersebut mati, kita semua makhluk di dunia terutama manusia akan menghadapi masalah yang sangat besar. Jutaan spesies yang bergantung pada batu karang untuk makanan dan tempat tinggal akan mati. Yang mana akan mempengaruhi keanekaragaman hayati di dalam lautan. Lebih dari 85% oksigen yang ada di produksi oleh tanaman laut.

sebagian besar ini berasal dari sistem penghalang terumbu yang hebat. Tanpa mereka, kita akan kehilangan sumber penting untuk kita yaitu oksigen. Banyak obat-obatan yang dikembangkan dari tanaman laut dan terumbu karang. Menghancurkan mereka sama dengan kita mengeliminasi sumber paling vital dalam proses pembuatan obat-obatan untuk menyelamatkan kehidupan.

Karang menarik minat jutaan wisatawan yang mana juga meningkatkan ekonomi global. Tanpa karang-karang itu, triliunan uang dan jutaan pekerjaan akan hilang. Sekitar delapan juta spesies organisme yang belum dikenal hidup di dalam dan di sekitar terumbu karang. Menghancurkan karang berarti menghancurkan juga kesempatan kita untuk mengenal spesies-spesies itu.

Karang melindungi garis pantai dari kerusakan dari hantaman ombak dan badai tropis. Jika karang mati, maka ombak dan erosi akan menyebabkan terjadinya bencana.

Karang membantu dalam memperbaiki zat karbon dan nitrogen dan membantu mendaur ulang nutrisi. Tanpa mereka, sistem ini akan mengalami masalah ketidakseimbangan yang besar. Lebih dari 90% dari koral di dunia diramalkan akan mati pada tahun 2050.

KECUALI KITA BERAKSI SEKARANG DAN MENYELAMATKAN MEREKA DAN KITA JUGA!

 

  • EN: EN

Scroll To Top