Rabu, 08 November 2017 23:53

SUDAHKAH KAMU MENCUKUPI ASUPAN KALSIUMMU SEHARI-HARI?

Lalu, seberapa banyak sumber kalsium yang harus dikonsumsi kalau tidak mau mengalami gangguan fungsi tubuh?

Kalsium tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan tulang di usia kanak-kanak. Namun juga diperlukan oleh yang bukan kanak-kanak lagi bahkan orang yang sudah berumur. Banyak orang yang tak menyadari bahwa dirinya selama ini kurang makan makanan sumber kalsium. Padahal, hal ini akan menyebabkan berbagai gangguan dan fungsi tubuh, terutama pada tulang rangka kita.

Lalu, seberapa banyak sumber kalsium yang harus dikonsumsi kalau tidak mau mengalami gangguan fungsi tubuh? Makanan apa yang mengandung kalsium yang tinggi?

Seberapa sering kita mengkonsumsi makanan berkalsium dalam satu hari? Faktanya, banyak orang yang juga tak menyadari bahwa mereka selama ini kekurangan kalsium.

Padahal, kekurangan kalsium atau hipokalsemia dapat menyebabkan berbagai gangguan tubuh, seperti:

- Menurunnya kemampuan mengingat

- Sering mengalami kram otot

- Tiba-tiba beberapa bagian tubuh terasa baal

- Mudah mengalami depresi

- Tulang menjadi lebih rapuh dan mudah patah

- Masalah pada kuku

- Risiko osteoporosis dini

Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh orang-orang saat ini adalah osteoporosis. Yatu komplikasi yang sering kali terjadi akibat seseorang tidak memenuhi asupan kalsiumnya sejak muda. Meskipun, asupan kalsium yang rendah bukan satu-satunya penyebab osteoporosis, namun dengan mengonsumsi kalsium yang cukup sejak usia muda, kita dapat menurunkan risiko untuk terkena penyakit tulang ini.

Faktanya, kalsium yang masuk ke dalam tubuh, sebagian besar akan disimpan di dalam tulang dan membuat tulang menjadi padat serta kuat. Ketika tubuh kekurangan kalsium, maka cadangan kalsium yang ada di dalam tulang akan diambil. Hal ini yang kemudian membuat tulang kita jadi rapuh dan rentan patah.

Lalu, berapa banyak kalsium yang seharusnya kita konsumsi?

Untuk mencegah semua gangguan tersebut, kita harus memenuhi kebutuhan kalsium. Setiap kelompok umur memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda. Menurut angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, kalsium yang harus dikonsumsi per hari sebesar:

- Anak usia 6-9 tahun: 1000 mg per hari

- Anak usia 10-18 tahun: 1200 mg per hari

- Usia 19-29 tahun: 1100 mg per hari

- Usia lebih dari 30 tahun: 1000 mg per hari

Sumber kalsium dapat kalian raih dari makanan seperti susu, keju, yoghurt, sayuran hijau tua, kacang kedelai maupun tahu tempe.

 

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top