Senin, 16 Oktober 2017 21:55

Karya Budaya Indonesia dipamerkan di Galeri Seni Nasional Bulgaria

KBRI Bulgaria saat ini menggelar serangkaian pameran yang disebut "The Wonders of Indonesia 2017,"

...yang menampilkan seni rupa, tekstil, perhiasan dan artefak bersejarah di Galeri Seni Nasional di Sofia dari tanggal 6 Oktober sampai 12 November. Acara tersebut digelar sebagai bagian dari Festival Seni Europalia.

Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai kerjasama budaya dengan Bulgaria pada bulan Maret tahun lalu. MoU tersebut ditandatangani oleh mantan Menteri Kebudayaan Bulgaria Vezhdi Rashidov dan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia - sekarang Gubernur DKI Jakarta - Anies Baswedan.

Dalam sebuah upacara resmi untuk rangkaian pameran pada 6 Oktober, para tamu dihibur dengan pertunjukan tekstil dan perhiasan tradisional dan pertunjukan seru tarian Saman Gayo. Mereka juga disajikan dengan sajian makanan khas Indonesia.

Sampai 12 November, galeri Royal Palace akan memamerkan 10 karya maestro Indonesia Affandi, Popo Iskandar, Nyoman Arsana, A. D. Pirous dan Fajar Sidik. Koleksi tersebut termasuk dalam Galeri Nasional Indonesia.

Dengan dikurasi oleh Citra Smara Dewi, para seniman terpilih sebagai perwakilan avant-garde Indonesia pada masa mereka, dan untuk peran signifikan mereka dalam membentuk seni modern pasca-kemerdekaan di negara ini.

Galeri Square 500 juga akan menampilkan beragam koleksi tekstil buatan tangan mulai dari batik, ikat, songket dan tenun tenunan pada tahun 1900-an, serta batik modern dari asosiasi tekstil Rumah Pesona Kain dan beberapa koleksi pribadi.

Square 500 juga akan menampilkan pilihan perhiasan antik dan artefak bersejarah dari beberapa provinsi di nusantara.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top