MERAYAKAN PESTA PANEN, BADUY DALAM DITUTUP SELAMA 3 BULAN. Grivy Travel Hub
Kamis, 22 Februari 2018 16:19

MERAYAKAN PESTA PANEN, BADUY DALAM DITUTUP SELAMA 3 BULAN.

Kawalu adalah puasa yang dijalankan oleh warga Baduy Dalam yang dirayakan tiga kali selama tiga bulan.

Mungkin diantara kalian ada yang tertarik untuk lebih mengenal kebudayaan salah satu suku di Indonesia yakni suku Baduy dalam yang bersinggah di Kabupaten Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Jika ya, kami sarankan kalian tak kunjungi suku ini di bulan ini hingga Maret kedepan. 

Yang harus diingat ada keterbatasan dan peraturan mengenai pengunjung Baduy Dalam Selama bulan Kawalu antara bulan Februari dan April, tiga kampung Baduy Dalam, yaitu Cibeo, Cikartawana dan Cikeusik, tertutup untuk pengunjung.

Selama bulan Kawalu, yaitu musim panen, masyarakat Baduy Dalam akan melakukan serangkaian ritual. Kawalu dimulai pada akhir Februari hingga April.  Kawalu adalah puasa yang dijalankan oleh warga Baduy Dalam yang dirayakan tiga kali selama tiga bulan. Pada puasa ini warga Baduy Dalam berdoa kepada Tuhan agar negara ini diberikan rasa aman, damai, dan sejahtera.

Pada saat tradisi Kawalu dijalankan, para pengunjung dilarang masuk ke Baduy Dalam. Apabila ada kepentingan, biasanya pengunjung hanya diperbolehkan berkunjung sampai Baduy Luar namun tidak diperbolehkan menginap.

Tahukah kamu, di Baduy Dalam tidak diperkenankan untuk mengambil foto dan juga menggunakan bahan kimia ketika mandi seperti sabun, shampo dll. 

 

So guys, berniat kesana pada bulan-bulan ini, mending di tunda dulu ya! :)

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top