Senin, 02 Oktober 2017 12:52

MANFAAT LUAR BIASA BUAH ALPUKAT

Berbagai manfaat dapat kamu raih jika mengkonsumsi buah hijau ini..

Semua di dunia ini bisa dibilang sebab akibat. Termasuk dengan kesehatan tubuhmu yang mana kamu raih tentunya dengan cara gaya hidup yang sehat serta asupan makanan yang sehari-hari kamu konsumsi. Jika itu semua sudah teratur dijaga dengan baik maka tak aneh jika akibatnya tubuhmu akan selalu fit dan sehat.

Selain olahraga yang teratur, untuk makanan juga harus benar-benar kamu perhatikan. Tidak lupa untuk memasukkan buah-buahan kedalam menu makanan sehari-harimu. Mengapa harus selalu mengonsumsi buah? Buah mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam buah adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat. Kandungan-kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yang juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Kementerian Kesehatan RI sendiri pun menyarankan untuk makan buah paling tidak 5 porsi dalam sehari.

Berbicara tentang menu buah, alpukat bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu buah-buahanmu sehari-hari karena buah yang berwarna hijau muda didalamnya ini memiliki berbagai manfaat yang luar biasa untuk tubuhmu. Ada yang beranggapan bahwa alpukat membuat gemuk karena memiliki kadar lemak yang tinggi. Tentu persepsi yang salah. Alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang justru baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Berikut beberapa manfaat alpukat untuk tubuhmu.

 

1.  Anti Kanker
Tahukah Kamu kalau manfaat alpukat untuk tubuh sebagai pencegah kanker? Alpukat mengandung antioksidan dan polynutrients yang merupakan zat anti kanker. Zat tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel yang dapat menyebabkan kanker.

2.  Menjaga Tekanan Darah
Mengonsumsi alpukat juga baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, karena kandungan kaliumnya. Seperti yang diketahui, kalium berfungsi menurunkan tekanan darah agar terhindar dari penyakit darah tinggi yang menyebabkan bahkan stroke.

3.  Kaya Serat
Manfaat alpukat untuk tubuh yang kaya akan serat juga dapat membantu penurunan berat badan dan mengurangi lonjakan gula darah. Serat dalam alpukat pun mampu menjaga saluran pencernaan, sehingga Anda terbebas dari masalah sulit BAB. Jadi, pastikan Anda menyertakan buah sehat ini dalam diet Anda ya.

4.  Menyehatkan Tulang
Menyehatkan tulang adalah salah satu manfaat alpukat untuk tubuh yang tak diragukan lagi kemampuannya. Ya, alpukat dapat meredakan nyeri arthritis. Sebuah studi mengungkapkan bahwa senyawa dari alpukat dapat membantu mendapatkan bantuan dari arthritis dan mengurangi kekakuan tulang.

5.  Sumber Zat Besi
Kamu mencari sumber zat besi terbanyak? Alpukat jawabannya. Alpukat memiliki sumber zat besi nabati yang bisa meningkatkan aliran oksigen untuk menjaga tingkat energi dan kulitmu tetap cerah. Dengan begitu, tak heran alpukat juga dipercaya mampu memelihara kecantikan wanita.

6.  Menurunkan Kolesterol
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan melalui riset terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi. Mereka yang mengidap kolesterol tinggi tersebut diperintahkan untuk mengonsumsi alpukat selama satu minggu. Hasilnya, kolesterol pun turun sebesar 17 persen!

7.  Asupan Vitamin dan Mineral
Mau tahu manfaat alpukat untuk tubuh lainnya? Alpukat kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan penyembuhan setelah cidera. Buah bertekstur lembut ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme kamu dan mendukung aliran darah yang sehat. Kamu pun akan mendapatkan banyak vitamin C yang akan membuat kulit halus, tulang yang sehat dan sistem kekebalan yang kuat.

 

So, itulah guys beberapa manfaat luar biasa yang akan kita dapat jika kita rutin mengkonsumsi buah alpukat. Keep healthy..keep surfing!

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top