Kamis, 31 Agustus 2017 00:25

KOMUNITAS JAWA BERKUMPUL DI BATAM DAN MEMECAHKAN REKOR MURI

Acara tersebut memecahkan dua rekor MURI untuk jumlah peserta terbanyak dan jumlah pertunjukan seni tertinggi dalam suatu acara.

Sekitar 150.000 orang datang ke Dataran Engku Putri, Batam Center pada tanggal 27 Agustus untuk menghadiri Paguyuban kesembilan di antara Wargo Jowo (Punggowo), sebuah acara pertemuan masyarakat Jawa di Kepulauan Riau.

Menyoroti tema Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity), acara tersebut memecahkan dua rekor MURI untuk jumlah peserta terbanyak dan jumlah pertunjukan seni tertinggi dalam suatu acara.

"Sedikitnya 68 kelompok seni ambil bagian dalam acara ini, mereka menampilkan beberapa tarian tradisional dari Jawa dan Sumatera seperti kuda kepang, reog, rontek, jathilan, topeng ireng, tayub, kerawitan dan barongsai. Ada juga penampilan dari artis termasuk Didi Kempot, Cak Sodik dan penyanyi dangdut asal Jakarta dan Batam, "kata Ki Lurah Punggowo Dr HM Soerya Respationo SH MH.

MURI juga memberikan empat penghargaan lainnya kepada masyarakat lain yaitu Jogoboyo dan Punggowo Mudo untuk jumlah peserta terbanyak dalam kategori acara gathering, Jurusan Seni Rupa dan Budaya Punggowo dan Komunitas Saraswati Wanitomo Punggowo untuk jumlah pertunjukan seni tertinggi dalam sebuah kategori acara. Punggowo adalah platform sosial untuk lebih dari 100 komunitas Jawa dan Pujakesuma (Anak-anak Jawa yang lahir di Sumatra) di Batam dan Kepulauan Riau. Sekretaris kementerian pariwisata, Ukus Kuswara yang hadir dalam acara tersebut atas nama menteri pariwisata Arief Yahya memuji acara ini sebagai ajang untuk mengadakan silaturahmi [persahabatan], sebuah bagian budaya masyarakat Indonesia.

"Ini adalah peristiwa yang menakjubkan, kita perlu melestarikannya. Kementerian Pariwisata akan mendukung acara ini dan memasukkannya ke dalam Kalender Acara, "kata Ukus.

 

 

Sumber : Thejakartapost.com

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top