Senin, 03 Juli 2017 22:36

MAKANAN PENAMBAH STAMINA AGAR TERUS SEMANGAT BERSELANCAR

Asupan makanan yang tepat sangatlah penting untuk menjaga stamina kamu dalam berselancar..

Dalam surfing tentunya dibutuhkan tubuh yang kuat serta stamina yang tinggi. Stamina yang kuat tentunya haruslah dijaga agar performa kita dalam berselancar tetap maksimal. Untuk menjaga stamina, tentunya bukan dengan mengkonsumsi minuman energi atau pil penambah energi dan sebagainya, melainkan mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat yang berfungsi menambah kekuatan stamina dan daya tahan tubuhmu ketika berselancar. Untuk kalian yang aktif berselancar ataupun berolahraga tidak hanya membutuhkan makanan yang memberikan energi tapi juga membuat perut terasa kenyang sepanjang hari.

Berikut ini kami beritahu beberapa makanan dan nutrisi yang perlu kalian konsumsi agar stamina kalian dapat meningkat.

 

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan karbohidrat yang tidak mengalami banyak proses pengolahan dan dicerna tubuh secara perlahan. Oleh karena itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih, mie atau roti tawar. Selain itu, oatmeal dan nasi merah serta jenis karbohidrat kompleks lainnya juga menjaga tingkat gula darah tetap stabil dan optimal.

2. Sayuran Hijau

Sayur berdaun hijau seperti bayam, sawi, kailan, pok choy atau selada diperkaya dengan micronutrient yang penting untuk membangun stamina dan juga meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu sayuran hijau juga tinggi serat dan lama dicerna, membantu tubuh menjaga kadar gula dalam darah.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang baik dan pas dimakan beberapa saat sebelum berselancar atau berolahraga. Selain mengandung karbohidrat sehat, pisang juga memicu pelepasan dopamine yakni senyawa kimia yang membuat kalian lebih fokus dan konsentrasi.

4. Selai Kacang

Kacang tanah mengandung asam lemak Omega-3 yang membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak. Oleh karena itu, selai kacang juga bagus untuk meningkatkan stamina. Kalorinya tinggi tapi memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga pelepasan energi pun berlangsung secara perlahan. Konsumsilah selai kacang dengan roti gandum.

5. Daging Tanpa Lemak (Ikan, Ayam, Sapi)

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta pembentukan dan perbaikan otot. Di samping itu, daging memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga kalian akan merasa kenyang dan tetap segar berselancar ataupun berolahraga serta beraktifitas lainnya seharian penuh.

6. Jahe

Setelah berselancar dan beraktivitas yang cukup melelahkan, biasanya keluhan seperti sakit otot kerap muncul. Kalau rasa sakitnya semakin intens, jahe bisa menjadi peredanya. Studi menunjukkan konsumsi setengah sendok teh tanaman herbal atau akar-akaran, sehari setelah berolahraga berat akan mengurangi nyeri otot 25 persen. Tanaman herbal seperti jahe bisa jadi pilihan karena mengandung zat penghilang rasa sakit seperti gingerol,shogaol, dan zingerone. Penelitian yang tercatat di Journal of Pain menyebutkan bahwa jahe lebih efektif mengatasi nyeri otot. Tambahkan beberapa potong jahe ke dalam teh atau gunakan jahe sebagai bumbu dalam masakan.

7. Greek Yoghurt

Protein yang terkandung dalam yogurt mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga. Penelitian di Medicine and Science in Sport and Exercise menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein lebih cepat pulih dari cedera otot dibandingkan orang yang mengonsumsi placebo. Greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak dibanding yogurt biasa. Jadi, kalau kalian mengalami nyeri pada otot saat berolahraga, jangan ragu-ragu untuk segera mengonsumsinya.

8. Apel

Memiliki kandungan zat bernama quercetin yang mampu meningkatkan metabolisme energi dan meningkatkan stamina. Tentu saja kalian tak harus mengonsumsi banyak buah apel ketika akan  berselancar atau berolahraga, namun makan apel sehari-hari juga mampu meningkatkan stamina kalian.

9. Telur

Mengkonsumsi telur juga baik untuk menambah energi setelah energi. Telur dapat meningkatkan massa otot agar lebih kuat. Makanlah telur yang direbuh bukan digoreng untuk menghindari asupan lemak jenuh dan kolesterol.

 

Pilihan asupan makanan yang tepat dapat memaksimalkan manfaat berselancar atau berolahraga yang kamu jalani. Selain itu juga mengatasi berbagai resiko yang muncul saat beraktivitas fisik. So Guys, Keep Healthy..Keep Surfing :)

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top