Item terkait

Rabu, 02 November 2016 11:00

PANTAI KALIANTAN : PANTAI TERPENCIL NAN INDAH DI LOMBOK TIMUR SURGA UNTUK PECINTA KITESURFING

Rasakan sensasi bermain kitesurfing di pantai terpencil dengan sentuhan pemandangan yang super megah..

Pantai satu ini dikenal dengan nama Pantai Kaliantan. Lokasinya berada di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 72 km dari pusat kota Mataram. Jika dibandingkan pantai lain di Lombok, pantai ini memang belum terlalu populer. Namun suasana pantainya yang masih cukup asri dan tenan membuat pantai ini patut diperhitungkan untuk dikunjungi.

Pantai ini memiliki garis pantainya cukup panjang sekitar dengan hamparan pasir pantainya berwarna putih kecoklatan seperti bubuk merica. Hamparan pasir yang bersih dipadu dengan warna jernih air laut yang berwarna biru segar menambah keindahan yang super untuk ukuran pantai yang masih dikatakan terpencil ini. Selain pemandangan sekitar pantai yang menakjubkan, pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang super megah. Maka tak heran jika pantai ini juga lumayan dikunjungi para pelaku snorkling yang terutama adalah orang asing.

Selain itu juga baru baru ini pantai Kaliantan banyak disambangi para pecinta kitesurfing yang kebanyakan adalah turis asing. Lalu Putradi (36), sebagai penggagas Kite Surfing Kaliantan, mengatakan, idenya bermula saat dia itu sedang mengantar wisatawan asing ke Kawasan Pantai Kaliantan. “Tanpa sengaja, ketika tiba disana kami mendapatkan angin yang menurut si wisatawan sangat cocok untuk kite surfing,” kisah Putradi, Jumat (28/10). Hal ini yang membuatnya memutuskan untuk mengadakan olah raga kite surfing ini di Kaliantan dua tahun lalu. Keunggulan Kite Surfing Kaliantan dibanding tempat lain di Lombok ialah garis pantai yang luas dan panjang mencapai tujuh kilometer. Selain itu, hembusan angin di Kaliantan juga memiliki rentang waktu terlama hingga tujuh bulan, biasanya sejak Maret hingga Oktober, atau lebih lama dibanding kawasan pantai lain di Lombok.

Hingga saat ini, jumlah kunjungan wisatawan mencapai sekitar 200 orang yang seluruhnya wisatawan asing dari Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jerman, Italia dan Perancis, kebanyakan mereka membawa sendiri peralatan untuk kite surfing. Bagi yang tidak membawa peralatan, pihaknya juga menyewakan peralatan kite surfing sebesar US$70 atau sekitar Rp911.330,- selama tiga hari dengan durasi dua jam per hari. Mereka (para wisatawan, red) menilai Pantai Kaliantan memiliki salah satu angin terbaik di Asia. Arah angin dari laut ke pantai atau on shore dengan kecepatan berkisar 18 knot sampai 25 knot juga menjadi kelebihan lain di Kaliantan sehingga dari sisi keselamatan lebih terjamin dibanding pantai yang memiliki arah angin sebaliknya atau off shore. Kondisi ombak di Kaliantan juga cukup bervariasi, dengan tingkatan skala kecil hingga yang mencapai 700 meter. Hal ini tentunya mengakomodir para pengunjung dari yang pemula hingga profesional.

 

 

  • EN: EN
Scroll To Top