Item terkait

Jumat, 16 September 2016 17:17

FESTIVAL PANTAI LOMBOK AKAN BERLANGSUNG MERIAH PADA TANGGAL 16 - 19 SEPTEMBER

Saksikan kegiatan seni dan budaya, pendidikan serta kerajinan lokal dan pertunjukan akbar budaya Lombok...

Siapa saja yang berencana untuk mengunjungi Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat harus mempertimbangkan dan mengatur perjalanan untuk tanggal 16-19 September ke acara spektakuler yakni Festival Senggigi tahunan di Pantai Senggigi, Kabupaten Batu Layar, yang tahun ini dijadwalkan akan digelar dengan lebih meriah.

Diadakan untuk mempromosikan pariwisata di wilayah tersebut, acara ini akan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya, pendidikan serta kerajinan lokal seperti tenun (kain tenun) dan ukiran. "Pengunjung juga dapat menyaksikan dan menikmati stupa parade ogoh-ogoh , Malean sampi (tradisional upacara sapi), beleq pertunjukan musik tradisional gendang dan atraksi peresean," kata Asisten Deputi Kementerian Pariwisata untuk pengembangan promosi pariwisata nusantara, Raseno Arya

”Ini acaranya sangat menarik dan indah sekali. Festival ini merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan akan berlangsung sepekan penuh di wilayah Pantai Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujar Raseno Arya.

Lebih lanjut Raseno mengatakan, perhelatan Festival Senggigi digelar sebagai upaya mempromosikan pariwisata Kabupaten Lombok Barat dengan mengajak wisatawan melihat dan menikmati aneka kegiatan bernuasa seni budaya, edukasi, dan juga pameran hasil industri kerajinan lokal seperti aneka tenun, ukiran, dan kerajinan tangan lainnya.

”Tidak hanya menonjolkan kebudayaan lokal, acara ini juga mengambil lokasi indah di Pantai Senggigi yang diharapkan bisa menarik wisatawan nusantara dan mancanegara menikmati suasana dan keindahan alamnya,” lanjut Menteri pariwisata Arief Yahya.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengatakan festival ini juga akan berusaha untuk memecahkan rekor baru di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk bermain beleq gendang di 100 sampan. "Kami hosting acara maraton internasional," tambahnya.

Luas wilayah Lombok mencapai 1.050 km persegi, dan punya 193 km garis pantai, Lombok memiliki banyak potensi wisata. Sebagian besar pantai yang indah dapat ditemukan di bagian selatan pulau. "Senggigi adalah salah satu pantai yang dibandingkan dengan pantai-pantai di selatan," kata Fauzan, menambahkan bahwa di antara tempat yang direkomendasikan adalah Mekaki Bay di Sekotong, 23 Gilis termasuk Gili Tangkong, Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Kedis dan Gili Laya, Sesaot Dam, Narmada taman dan arena berselancar di Bangko-bangko.

  • EN: EN
Scroll To Top