FESTIVAL TERTUA DI PAPUA DIGELAR PADA 8 - 11 AGUSTUS 2016 Pict by : indo.wsj.com
Rabu, 10 Agustus 2016 10:43

FESTIVAL TERTUA DI PAPUA DIGELAR PADA 8 - 11 AGUSTUS 2016

Festival ini selalu memikat wisatawan asing maupun domestik..

Festival tertua Papua yang telah digelar sejak tahun 1989 atau bisa dibilang kali ini adalah pelaksanaan yang ke 27, di mana ratusan suku yang tersebar di seluruh pulau ini akan memamerkan beragam budaya mereka. Festival besar ini akan berlangsung di Wamena pada 8-11 Agustus 2016. "Jika Anda ingin merasakan keindahan alam dan budaya Papua, kunjungi Lembah Baliem Festival Budaya di Wamena," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya baru di Jakarta

Para pengunjung yang datang bisa berpakaian dalam pakaian tradisional papua, berkesempatan tinggal di sebuah rumah tradisional yang disebut honai, dan berpartisipasi dalam tarian perang yang telah ada selama ratusan tahun.

Dalam hal atraksi, Lembah Baliem adalah salah satu tempat wajib untuk dikunjungi. Titik tertinggi dari Pegunungan Trikora yakni Puncak Jaya, satu-satunya tempat di Indonesia yang dikelilingi oleh lapisan es. Hal lain yang tidak dapat ditemukan di tempat lain adalah fenomena air garam yang terdapat di pegunungan. Adapun Habema Danau adalah tempat yang pas untuk dikunjungi, karena dianggap danau tertinggi di Nusantara. Selain pemandangan yang indah, para wisatawan juga dapat mengagumi mumi. Mereka berada di kabupaten Kuluru, Assologaima dan Kurima. Mumi ini bukan tubuh orang biasa, tapi kepala suku dan panglima perang yang dihormati dan menjadi panutan.

Menurut Arief Yahya, untuk mengunjungi Papua memang sedikit mahal karena jarak tempuh dan akses transportasi menuju. Serta kurangnya fasilitas hotel dan restoran di sekitar area tersebut. Namun festival diatur untuk menyajikan pemandangan yang tidak biasa dan tujuan yang unik sehingga para pengunjung baik turis domestik ataupun internasional akan merasa setimpal dengan dana yang mereka kocek untuk berkunjung ke Festival ini.

"Karena banyak keunikan, Lembah Baliem telah menjadi tempat wajib untuk dikunjungi wisatawan asing yang datang ke Papua. Selama festival, wisatawan biasanya berpartisipasi dalam tarian dan berinteraksi dengan masyarakat, "kata Jayawijaja Bupati John Wempi Wetipo.

 

 

 

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top