Item terkait

Kamis, 31 Maret 2016 09:31

AKTOR DAN AKTIVIS LINGKUNGAN LEONARDO DE CAPRIO MENGUNJUNGI ACEH

Apa yang dilakukan Leonardo di Aceh?

Aktor peraih Oscar sekaligus aktivis lingkungan Leonardo De Caprio melakukan kunjungan rahasia ke Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh tenggara pada hari Minggu 27 Maret 2016. Bersama dengan sesama aktor Adrien Brody dan Fisher Stevens, aktivis lingkungan ini mengunjungi taman fasilitas dan riset di Ketambe, di mana trio artis ini memiliki pertemuan yang akrab dengan orangutan sumatera dan gajah.

De Caprio merupakan selebriti yang sangat peduli terhadap lingkungan. Ia telah meletakkan ini sebagai kepentingan pribadi salah satunya dalam melestarikan hutan. Menurutnya, Taman nasional menghadapi ancaman konstan dari deforestasi, terutama didorong oleh ekspansi lapangan minyak sawit.

"Kita perlu keterlibatan masyarakat lokal, nasional dan internasional untuk melindungi Taman Nasional Gunung Leuser. Taman adalah salah satu taman nasional tertua di Indonesia dan dinyatakan sebagai Cagar Biosfer oleh Unesco pada tahun 1981, "kata Andi Basrul, yang menjalankan Taman Nasional Gunung Leuser.

Taman nasional ini juga Situs Warisan Dunia UNESCO dan habitat alami bagi beberapa jenis hewan yang terancam punah, termasuk orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera dan badak sumatera.

Leonardo De Caprio  baru-baru ini juga menyebarkan pesan melalui akun Twitter-nya, yang berisikan mendesak partisipasi atau siapa saja untuk meningkatkan upaya konservasi.

Sumatra dengan ekosistem yang unik dan keanekaragaman hayati telah menarik banyak aktivis lingkungan bahkan kalangan selebritis mancanegara. Lantaran kurangnya perhatian pemerintah sendiri dalam menjaga dan melestarikannya. Selain Leonardo, aktor Harrison Ford terpanggil melihat keadaan miris Indonesia. Ford sekitar 3 tahun lalu membuat film dokumenter tentang lingkungan dengan melakukan wawancara dan pukulan keras untuk menteri kehutanan Indonesia, mendesak dia untuk mengambil tindakan tegas pada kegiatan pembalakan liar di Sumatera yang hingga kini masih saja berlanjut.

 

 

  • EN: EN
Scroll To Top